Yuk Pahami Perbedaan Kartu BPJS Dan KIS

Artikel kali ini akan membahas mengenai perbedaan kartu BPJS dan KIS yang mungkin beberapa dari Anda ada yang belum mengetahuinya. Asuransi kesehatan menjadi salah satu hal krusial bagi masyarakat zaman sekarang. Terdapat banyak jenis asuransi baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta yang dapat dijadikan persiapan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Pemerintah sebagai lembaga pelayanan masyarakat menyediakan asuransi kesehatan guna dapat menciptakan masyarakat Indonesia yang sehat. Kesehatan menjadi salah satu indikator penting dalam pembangunan dan perkembangan suatu negara.

Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan Bagi Masyarakat Milenial

Advertisements

Kesehatan merupakan investasi bagi kesuksesan manusia dalam menjalani segala sendi kehidupan. Kesehatan menjadi modal utama dalam melakukan segala hal, baik itu mencari ilmu, bekerja, bahkan bermain. Oleh karena itu menjaga kesehatan tubuh menjadi salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh masyarakat zaman sekarang salah satunya dengan mengetahui perbedaan kartu BPJS dan KIS.

Menjaga kesehatan dari usia muda menjadi investasi kelak di masa tua yang saling mempengaruhi. Tapi saat ini paradigma sehat telah bergeser, bukan hanya orang yang telah berusia lanjut saja yang berhak terkena penyakit namun semua rentang usia memiliki faktor risiko yang sama untuk terserang penyakit.

Penyakit degeneratif yang tidak menular seperti kanker, jantung, stroke menjadi jenis penyakit yang cukup banyak diidap oleh masyarakat milenial. Tidak memandang usia, status ekonomi, tingkat pendidikan maupun faktor demografi lainnya penyakit tersebut bisa menyerang siapa saja.

Advertisements

Padahal penyakit degeneratif dan tidak menular membutuhkan dana yang cukup besar dalam proses pengobatannya. Apalagi jika serangannya mendadak, Anda akan kewalahan dengan kondisi keuangan Anda jika tidak dipersiapkan dengan baik. Asuransi menjadi salah satu jaminan bagi kesehatan Anda agar bisa melakukan penanganan dan pengelolaan penyakit dengan maksimal.

Inovasi Asuransi Kesehatan Zaman Sekarang

BPJS Kesehatan menjadi badan penyelenggara jaminan sosial dalam bidang kesehatan dengan asas gotong royong untuk kesehatan masyarakat Indonesia. Sebenarnya BPJS ini terbagi menjadi dua yaitu dalam bidang kesehatan dan ketenagakerjaan.

Terdapat beberapa istilah yang dikenal dalam asuransi kesehatan seperti BPJS dan KIS, namun beberapa masyarakat masih belum mengetahui perbedaan antara keduanya. Berikut ini beberapa perbedaan kartu BPJS dan KIS yang sering kali masih sering keliru di masyarakat.

  • Semua program yang dibuat oleh pemerintah ini diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan dan pengendalian penyakit di masyarakat. Asuransi kesehatan menjadi program unggulan untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia di suatu daerah.
  • Sebenarnya BPJS dan KIS merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan sehingga tidak ada perbedaan signifikan antara keduanya. BPJS merupakan badan penyelenggara asuransi kesehatan di Indonesia yang dimiliki oleh pemerintah dan dikelola oleh BUMN. Salah satu program yang diselenggarakan oleh BPJS yaitu KIS atau Kartu Indonesia Sehat.

Itulah beberapa perbedaan kartu BPJS dan KIS yang perlu Anda ketahui dan informasi kesehatan ini semoga bermanfaat.

Advertisements