Tips Cara Bikin BPJS Gratis

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara bikin BPJS gratis. Saat ini penyakit menular dan penyakit tidak menular sedang berkembang di tengah-tengah masyarakat. Maraknya penyakit menular dapat dipengaruhi juga oleh cuaca ekstrem yang akhir-akhir ini sedang terjadi di berbagai belahan dunia.

Sedangkan tren penyakit menular saat ini telah bergeser dari penyakit degeneratif yang dapat  disebabkan oleh gaya hidup, kurang aktivitas fisik dan merokok. Faktor risiko tersebut menyebabkan angka penyakit menular dan penyakit tidak menular di Indonesia memiliki jumlah yang tinggi. Hal ini akan mempengaruhi angka derajat kesehatan masyarakat Indonesia.

Hal ini menyebabkan jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia agar dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pada zaman sekarang ini menjadi peserta dari asuransi dan jaminan kesehatan menjadi suatu keharusan yang dapat memberikan suatu keuntungan bagi Anda dalam hal pembiayaan kesehatan.

Advertisements

Kriteria Menjadi Peserta BPJS Tanpa Harus Membayar Iuran Tiap Bulan

Jenis BPJS kesehatan ada dua yaitu PBI-JK dan non PBI-JK, pembagian atau pengklasifikasian ini berdasarkan pada pembayaran setiap bulannya. Peserta BPJS PBI-JK tidak perlu melakukan pembayaran iuran setiap bulannya karena telah ditanggung oleh pemerintah, sementara peserta BPJS non PBI-JK sebaliknya mereka harus rutin membayar iuran setiap bulannya.

Advertisements

Hal tersebut harus dilakukan agar status kepesertaannya tetap aktif sehingga dapat mengajukan klaim kepada pihak BPJS kesehatan setelah menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas maupun Rumah Sakit. Bagi yang tidak mampu akan masuk kepesertaan PBI-JK dan mendapatkan KIS, tetapi harus memenuhi kriteria berikut ini agar dapat melanjutkan ke cara bikin BPJS gratis.

  • Bangunan rumah terbuat dari kayu atau bambu dengan lantai masih berupa tanah dan luas lahan per orangnya hanya kurang dari delapan meter persegi.
  • Tidak memiliki kamar mandi maupun tempat buang air besar sehingga harus menumpang atau bersama-sama dengan tetangga.
  • Konsumsi protein hewani seperti susu dan daging satu minggu satu kali.
  • Penghasilan per bulannya kurang dari Rp. 600.000,-
  • Masih menggunakan kayu serta minyak tanah sebagai bahan bakar untuk memasak.
  • Sumber air minum berasal dari sumur maupun air tanah serta sumber listrik tidak mandiri alias menumpang ke orang lain.
  • Kesulitan untuk makan sehari-hari, dalam sekali maksimal makan sebanyak dua kali.
  • Dalam satu tahun hanya mampu membeli satu pasang pakaian.

Ingin Daftar BPJS Gratis? Begini Tipsnya

Bagi Anda yang ingin tahu cara bikin BPJS gratis atau menjadi peserta PBI-JK maka harus memenuhi kriteria seperti yang telah disebutkan di atas. Pastikan nama Anda tercantum pada daftar penerima bantuan yang pendataannya dilakukan oleh Dinas Sosial.

Jika ada, maka langsung ke kantor kelurahan untuk membuat surat keterangan tidak mampu serta identitas diri lain dan kemudian dibawa kembali ke Dinas Sosial dan nantinya akan diurus sampai Anda mendapatkan KIS.

Advertisements