Tarif Baru Iuran BPJS Kesehatan 2019

Banyak orang yang belum mengetahui program BPJS kesehatan, ini dikarenakan kurang sosialisasi untuk orang atau masyarakat di daerah pedalaman. Padahal masyarakat inilah yang paling membutuhkan program ini mengingat kebanyakan masyarakat pedalaman itu adalah masyarakat yang kurang mampu.

Mereka untuk mencukupi kebutuhan hidup saja susah apalagi untuk membayar iuran BPJS Kesehatan 2018 pasti mereka tambah tidak mampu. Tetapi jangan takut, karena sekarang ada program dari BPJS untuk orang yang kurang mampu.

Dengan bantuan dari pemerintah kita tidak perlu membayar iuran BPJS per bulannya. Caranya adalah kita mendaftar ke pemerintahan desa sebagai orang yang kurang mampu dan nantinya data diri kita akan dikirimkan ke pemerintahan pusat untuk dapat diproses.

Advertisements

Tarif Iuran BPJS Kesehatan

Yang namanya program pasti akan mengalami pembaharuan, ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan untuk masyarakat. Semakin bagus suatu program pasti akan ada biaya yang harus dibayarkan jika ingin menikmati program tersebut. Ini berlaku pula dengan program pemerintah yaitu BPJS kesehatan. Sekarang BPJS kesehatan memang semakin bagus dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tetapi ini juga berpengaruh dengan tarif baru iuran BPJS Kesehatan 2018 yang harus dibayarkan per bulannya.

Memang untuk tahun ini biaya iuran BPJS mengalami kenaikan di setiap kelasnya dan untuk sebagian orang memang ini dirasa sangat memberatkan. Tetapi jika dilihat dari pelayanan yang semakin bagus, kenaikan iuran ini memang sangat pantas dan berikut adalah rincikan kenaikan iuran BPJS di setiap kelas.

Advertisements
  • Kelas 1

Kelas yang memiliki fasilitas terlengkap di BPJS kesehatan memang memiliki biaya yang cukup mahal. Dulu untuk merasakan fasilitas kamar kelas 1 kita harus membayar biaya sebesar 60 ribu per bulannya dan sekarang dengan semakin bagus fasilitas di kelas 1 maka biaya yang harus dibayarkan mengalami kenaikan menjadi 80 ribu per bulannya.

  • Kelas 2

Kelas menengah yang bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat ini mempunyai fasilitas yang dapat membuat pasien merasa nyaman tetapi fasilitas yang disediakan tidaklah mewah. Sebelum mengalami kenaikan, biaya yang harus dibayarkan adalah Rp.42.500 dan sekarang berubah menjadi 51 ribu. Memang kenaikan ini terbilang sangat drastis, jika anggota keluarga kita hanya 2 orang mungkin tidak akan terasa.

  • Kelas 3

Pada kelas 3 tidak mengalami kenaikan biaya per bulannya, ini dikarenakan pemerintah tidak mau terlalu membebani masyarakat yang kurang mampu. Untuk mengeluarkan biaya 25 ribu per bulannya saja dirasa berat untuk masyarakat kurang mampu, apalagi jika bertambah pasti akan merasa sangat berat.

Kenaikan iuran BPJS Kesehatan 2018 ini memang menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat, ada yang memang menyetujui kenaikan ini dan ada juga yang menentang kenaikan ini karena dirasa memberatkan bagi sebagian kalangan masyarakat.

Cukup sekian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

 

Advertisements