Syarat2 Mengurus Kartu BPJS Yg Hilang

BPJS merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh pemerintah dalam rangka meringankan beban masyarakat seperti kesehatan dan jaminan hari tua. Cara kerjanya sama dengan asuransi, BPJS juga memiliki berbagai jenis seperti ketenagakerjaan, jiwa dan kesehatan. Sayangnya, dalam pengurusannya sedikit lebih rumit dibandingkan dengan asuransi lainnya. Terlebih jika kartu BPJS hilang, mengurus kartu BPJS yg hilang akan lebih sulit.

Kartu BPJS hilang? ini solusinya

Namun kini Anda tidak perlu khawatir dengan hal itu, penulis akan merangkum bagaimana mengurus kartu BPJS yg hilang. Berikut adalah cara-cara dan syarat-syarat yang harus disiapkan dalam mengurusnya:

Advertisements

Yang pertama adalah syarat-syarat apa saja yang harus Anda siapkan, jangan sampai lupa:

  • Surat pengantar

Surat pengantar adalah hal pertama yang harus Anda bawa ketika mengurus. Anda bisa meminta kantor tempat Anda bekerja atau instansi yang menyatakan pekerjaan Anda.

  • Fotokopi BPJS

Jika tidak ada, Anda bisa menanyakan ini ke instansi tempat Anda bekerja. Sebab, nomor kartu BPJS Andalah yang akan dibutuhkan nantinya.

  • KTP atau kartu tanda penduduk

KTP menjadi hal yang penting lainnya saat Anda mengurus kartu yang hilang.

  • Surat kehilangan

Yang terakhir adalah surat keterangan kehilangan yang bisa Anda dapatkan di kantor polisi terdekat. Surat inilah yang menjadi bukti bahwa Anda benar-benar kehilangan kartu BPJS Anda.

Advertisements

Setalah dokumen-dokumen yang telah Anda kumpulkan tadi sebagai syarat pengajuan, maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :

  • Yang pertama adalah mendatangi kantor BPJS di mana kartu Anda terdaftar sebagai peserta BPJS. Jika Anda lupa atau tidak tahu kantor di mana Anda terdaftar sebagai peserta, Anda bisa menghubungi call center BPJS untuk menanyakan hal tersebut. Jadi, pastikan terlebih dahulu kantor mana yang harus Anda datangi. Jangan sampai salah.
  • Setelah sampai, Anda bisa langsung mengarah pada layanan pusat dan menyatakan perihal kehilangan kartu Anda. Selain itu, Anda juga harus mengatakan jika Anda ingin membuat duplikatnya.
  • Setelah itu, Anda akan dimintai dokumen yang diperlukan yang telah disiapkan seperti di atas.
  • Setelah dokumen di cek, maka pihak BPJS akan memproses kartu BPJS.
  • Estimasi penyelesaian pembuatan kartu bisa mencapai satu hari, namun jika sedang dalam keadaan ramai, bisa lebih dari satu hari. Jadi, lama atau tidaknya bergantung pada ramai atau tidaknya pelayanan kartu saat itu.
  • Setelah itu Anda bisa menunggu. Cukup mudah bukan dalam mengurus kartu BPJS yg hilang.

Saat Anda kehilangan kartu, maka segeralah untuk mengurusnya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan juga agar pihak BPJS mengetahui jika kartu Anda telah hilang. Demikianlah tata cara mengurus kartu BPJS yg hilang, adapun sebagai langkah pencegahan. Selalu jaga kartu yang Anda miliki agar terhindar dari kehilangan. Selain itu, catatlah nomor kartu BPJS Anda karena sangat penting.

Advertisements