Syarat Menjadi Peserta BPJS Kesehatan Mandiri

Kesehatan yang kita miliki merupakan anugerah terindah yang telah diberikan oleh Tuhan. Gaya hidup yang sembarangan adalah salah satu penyebab yang akan membuat kita jatuh sakit dan biaya yang harus dikeluarkan pun sangat banyak. Maka tawaran jaminan kesehatan BPJS sangat cocok untuk Anda gunakan, dengan biaya yang dikeluarkan tergantung dengan kelas yang kita pilih.

Khusus untuk Anda yang ingin menjadi peserta BPJS Kesehatan Mandiri memiliki kewajiban dalam membayar iuran per bulan sendiri sesuai dengan kelas. Kelas 1 iuran per bulan yang harus dikeluarkan adalah Rp.80.000, kelas 2 Rp.51.000/bulan, dan untuk kelas 3 sebesar Rp.25.500, dan wajib dibayar sebelum tanggal 10 per bulannya.

Persyaratan BPJS Keluarga

Advertisements

Untuk membuat BPJS Keluarga, persyaratan dokumen-dokumen yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

  • Kartu Keluarga (KK)
  • KTP Elektronik
  • Kartu NPWP
  • Dan nomor rekening penanggung yang akan digunakan untuk membayar iuran per bulannya.

Setelah semua dokumen terkumpul, peserta BPJS Kesehatan Mandiri harus segera mendaftarkannya. Pendaftarannya dapat melalui online di situs resmi BPJS atau bisa dengan datang langsung ke kantor BPJS setempat. Bagaimana prosedur untuk mendaftarkan secara online? Berikut langkah-langkahnya:

Advertisements
  1. Buka situs resmi BPJS Kesehatan
  2. Klik daftar online yang terletak dipojok kiri atas.
  3. Kemudian klik pendaftaran
  4. Mengisi formulir data diri Anda seperti nomor Kartu Keluarga, nama Anda dan lain-lain.
  5. Setelah formulir data diri telah diisi, klik ‘Inquery Kartu Keluarga’, maka akan muncul daftar nama anggota keluarga Anda,
  6. Kemudian terakhir adalah klik ‘proses selanjutnya’.
  7. Setelah itu akan muncul halaman baru untuk mengisi alamat, fasilitas kesehatan yang akan dipilih
  8. Kemudian pilih iuran per bulan yang sesuai dengan kelas yang Anda telah pilih sebelumnya.
  9. Klik simpan, kemudian ada balasan ari BPJS. setelah itu print ‘virtual account’
  10. Pembayaran dilakukan di bank yang telah bekerja sama dengan BPJS dan simpan bukti transfernya.
  11. Kemudian cek email untuk melihat balasan berupa E-ID.
  12. Dan yang terakhir cetak kartu BPJS dengan menyerahkan persyaratan yang telah tadi disiapkan, virtual account, dan bukti transfer pembayaran tersebut.

Untuk iuran yang harus dibayarkan BPJS Mandiri akan dibayar perorangan sesuai kelas yang dipilih, tetapi apabila kita ingin mendaftarkan seluruh anggota keluarga maka biaya yang dikeluarkan dalam jumlah yang banyak. Apabila anggota keluarga terdapat 5 anggota, maka akan dikalikan dengan iuran yang harus dibayarkan per bulannya.

Peserta BPJS Kesehatan Mandiri akan mengurus semuanya perorangan bukan tanggung jawab dari perusahaan, dimulai dari pendaftaran, membayar iuran per bulan, dan membawa kartu. Apabila ada tunggakan pembayaran iuran, maka dengan otomatis kartu BPJS Mandiri Anda akan dinonaktifkan.

Cukup sekian informasi yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat. Apabila anda kurang paham dari penjelasan di atas silahkan datang langsung ke kantor cabang BPJS.

Advertisements