Syarat Membuat Kartu BPJS TK Yang Hilang

Salah satu contoh dari kesalahan yang mungkin bisa saja terjadi dan dialami bagi para peserta BPJS adalah menghilangkan kartu tanda peserta BPJS TK. Tentu Anda harus mengurusnya kembali sesegera mungkin di saat kartu tersebut hilang. Tentunya Anda wajib untuk mengetahui tentang syarat membuat kartu BPJS TK yang hilang dan bagaimana proses langkah pembuatannya. Untuk membantu Anda semakin memahaminya, maka bisa untuk mengikuti ulasan yang kami buat berikut ini.

Persyaratan Mengurus Kartu BPJS TK Yang Hilang

BPJS Ketenagakerjaan merupakan sebuah hal yang wajib untuk dimiliki oleh warga Indonesia yang memiliki pekerjaan tetap. Fungsi dari BPJS TK adalah untuk melindungi kaum pekerja dari kecelakaan kerja, kesehatan, hingga masa akhir pensiun. Jika kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Anda itu hilang, maka untuk bisa menggantinya terlihat susah-susah gampang. Anda perlu mengetahui tentang nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan yang sebelumnya dimiliki tersebut.

Advertisements

Untuk bisa melakukan pembuatan baru kartu BPJS TK yang hilang ini hanya bisa dilakukan dengan Anda langsung mendatangi kantor BPJS. Tentu untuk melakukannya, maka Anda terlebih dahulu harus melengkapi segala syarat membuat kartu BPJS yang hilang. Ini adalah syarat yang perlu Anda siapkan:

Advertisements
  • Kartu tanda penduduk.
  • Kartu keluarga.
  • Surat kehilangan. Anda bisa meminta surat kehilangan pada kantor kepolisian terdekat.
  • Surat pengantar dari HRD sebagai pendukung.
  • Fotokopi kartu BPJS lama. Jika Anda tidak memilikinya, maka haruslah hafal nomor dari kartun BPJS TK lama. Jika tidak hafal, maka bisa meminta pada pihak perusahaan tempat bekerja.

Cukuplah 3 hal ini sebagai syarat pembuatan kartu BPJS ketenagakerjaan yang hilang dan tidak lagi bisa ditemukan. Kehilangan kartu BPJS tidak menghilangkan hak Anda atas kewajiban pembayaran dan hak penanganan kesehatan di rumah sakit ataupun dokter. Namun, cara yang biasanya hanya memberikan kartu, maka jika hilang perlulah untuk meyakinkan dengan dokumen lain tentang keikutsertaan Anda pada program BPJS ini.

Kumpulkan berkas syarat membuat kartu BPJS TK yang hilang telah Anda siapkan pada satu map dan kemudian bawalah ke kantor BPJ. Pengurusan kartu baru BPJS Ketenagakerjaan bisa selesai dalam satu hari jika persyaratan yang Anda lampirkan lengkap dan sesuai. Ambillah kartu BPJS TK yang baru pada kantor BPJS tempat Anda melakukan permohonan pergantian.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hanya akan berguna di saat-saat tertentu saja memang menjadikan kartu ini sering terselip dan luput dari perhatian. Sebaiknya Anda bisa untuk menyimpannya dengan hati-hati mengingat fungsinya yang cukup vital.

Itulah ulasan singkat yang bisa kami berikan tentang bagaimana cara mengatasi hilangnya kartu BPJS TK yang hilang. Dengan Anda mengetahui tentang syarat membuat kartu BPJS TK yang hilang ini, maka waktu pengurusan bisa cepat dilakukan. Jika memang masih mengalami kendala atau ada hal lain yang masih membuat bingung, maka bisa langsung bertanya pada call center BPJS.

 

Advertisements