Status Aktif E-ID BPJS Kesehatan

Cara Cek E-id BPJS Kesehatan

Salah satu hal yang wajib Anda ketahui dalam menggunakan jasa layanan BPJS kesehatan adalah masalah keaktifan layanan. Mengecek tentang keaktifan BPJS perlulah untuk Anda lakukan. Hal ini dimaksudkan agar jangan sampai Anda tidak bisa mendapatkan hak layanan akibat dari BPJS yang belum aktif. Untuk itu, kami akan mencoba untuk mengulas lengkap tentang bagaimana cara cek E-id BPJS Kesehatan agar aktif dan tidaknya bisa untuk Anda ketahui.

 

E-ID BPJS Kesehatan merupakan sebuah kartu pengganti yang sama fungsinya dengan kartu BPJS biasa. Kartu ini bisa Anda dapat dengan melakukan pencetakan kartu mandiri secara online. Jadi saat sakit, Anda tetap visa menggunakan kartu E-ID BPJS Kesehatan untuk bisa mendapatkan pelayanan jaminan kesehatan. Namun dalam praktiknya terkadang sering orang tidak bisa mendapatkan pelayanan jaminan kesehatan dari BPJS akibat dari tidak aktifnya status E-ID BPJS. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan status BPJS menjadi tidak aktif, yaitu:

Advertisements
  • Telat dalam membayar iuran BPJS

Aturan dari BOJS adalah bagi peserta yang satu bulan telat dalam membayar iuran, maka akan dinonaktifkan statusnya. Tentu hal ini menjadikan Anda tidak bisa mendapatkan keringanan biaya saat berobat di rumah sakit ataupun dokter.

  • Masa tenggang menunggu layanan aktif

Sebagai anggota baru yang mendaftar BPJS, maka haruslah untuk menunggu selama 14 haru untuk mendapati jaminan layanan kesehatan aktif untuk didapatkan. Proses 14 hari akan dihitung dari pertama kali melakukan pembayaran iuran awal. Masa inilah yang membuat status BPJS menjadi tidak aktif.

Advertisements

Metode Cara Cek Status E-ID BPJS Kesehatan

Sebenarnya ada 2 cara cek E-id BPJS Kesehatan. Tidak usah berpanjang lebar lagi, mari kita lihat ketiga cara tersebut:

  • Melalui fasilitas BPJS online

Cara mengecek status aktif E-ID BPJS Kesehatan dengan cara online adalah cara paling mudah untuk dilakukan. Seperti yang Anda ketahui jika masyarakat modern sangat lekat dengan pemanfaatan jaringan online sehingga melakukan cek dengan cara ini pastinya mudah dilakukan.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah masuk pada situs BPJS checking. Saat Anda masuk, maka akan ada perintah untuk menuliskan nomor dari kartu BPJS, tanggal kelahiran, dan kode validasi. Setelah Anda melakukannya, maka cara cek E-id BPJS Kesehatan bisa terselesaikan. Anda bisa mendapati segala informasi tentang status keaktifan hingga tunggakan iuran jika non aktif.

  • Melalui layanan telepon

Cara selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah dengan menggunakan jasa telepon dan SMS. Untuk telepon, maka Anda bisa menghubungi pusat layanan telepon BPJS Kesehatan yang bernomor 1500400. Anda tinggal mengutarakan maksud dan tujuan Anda yaitu mengecek aktif tidaknya status BPJS. Namun jika Anda menggunakan cara cek E-id BPJS Kesehatan ini, maka perhatikanlah tentang keberadaan pulsa agar tidak terhenti di tengah jalan.

Advertisements