Panduan Cara Bayar BPJS Lewat SMS Banking BRI, Cukup Dari Rumah

Apakah Anda sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan? Apabila Anda sudah mempunyai dan menjadi peserta BPJS Kesehatan, maka Anda mendapatkan keuntungan dari asuransi kesehatan untuk berobat ke puskesmas, klinik dan rumah sakit cukup menggunakan kartu BPJS Kesehatan dalam pembayarannya. Untuk mendapatkan keuntungan dari BPJS Kesehatan, tentunya Anda harus membayar iuran setiap bulannya yang sesuai dengan kelas yang Anda pilih.

Pembayaran BPJS Kesehatan saat ini Anda tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS, kini Anda hanya duduk di rumah dan melakukan bayar BPJS lewat SMS banking BRI. Cara tersebut sangat memudahkan peserta tanpa harus mendatangi kantor BPJS. Selain lewat SMS banking BRI, BRI juga melayani pembayaran lewat ATM.

Bagaimana caranya?

Advertisements

Caranya sangat mudah dan Anda hanya perlu duduk manis di rumah untuk bayar BPJS lewat SMS banking BRI. Pastikan nomor handphone Anda telah terdaftar di SMS banking BRI. Formatnya sangat mudah, perhatikan format berikut ini:

  • Ketik bayar (spasi) brv (spasi) 88888+kode briva (Spasi) pin kemudian kirim ke 3300

Sebagai contoh: bayar brv 888880012345123456 653422  dan kirim ke 3300

Apabila sudah ada balasan “tagihan Anda Rp.51.000 transaksi tidak bisa diproses, nominal pembayaran tidak sesuai dengan tagihan”. Setelah mendapat balasan, Anda segera mengubah format dengan ditambahkan jumlah tagihan setelah kode briva.

Advertisements
  • Contohnya: bayar brv 8888800123451234 51000 653422 dan kirimnya ke 3300.

Kemudian Anda tunggu untuk mendapatkan balasan bahwa pembayaran telah sukses. Pembayaran iuran per bulan sesuai dengan kelas yang kita pilih sejak awal pendaftaran BPJS. kelas 1 pembayaran BPJS sebesar Rp 80.000/orang, kelas 2 Rp 51.000/orang, dan untuk yang terakhir kelas 3 yaitu Rp 26.000/orang. Harga iuran per bulan tersebut dapat berubah sewaktu-waktu yang telah ditentukan oleh pihak BPJS. Selain dapat melakukan bayar BPJS lewat SMS banking BRI, ATM BRI pun dapat digunakan untuk pembayaran BPJS, berikut langkahnya:

  • ATM BRI Anda dimasukkan
  • Bahasa yang kamu gunakan dipilih
  • Kemudian pilih “transaksi tunai” atau “paket tunai”
  • Klik pembayaran
  • Kemudian Anda pilih ‘lainnya’
  • Lalu muncul BPJS, dan pilih BPJS kemudian BPJS Kesehatan
  • Ketik nomor virtual yang kamu punya
  • Selanjutnya akan muncul nama dan cek kesesuaian data
  • Yang terakhir masukkan jumlah nominal yang akan dibayar sesuai dengan kelas yang Anda pilih.

Pembayaran lewat SMS banking ataupun ATM BRI, keduanya sangat memudahkan kita dalam pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Tetapi akan lebih mudah dan tidak membuang waktu lama yang Anda miliki adalah melakukan pembayaran lewat SMS banking saja. Tidak hanya mendapatkan keuntungan yang bermanfaat untuk kesehatan kita, BPJS Kesehatan pun sangat memudahkan peserta dalam proses pembayaran iuran yang harus kita bayar. Ayo segera membayar iuran BPJS Kesehatan Anda per bulannya.

Advertisements