Lupa Nomor BPJS Ketenagakerjaan, Berikut Solusinya

Perlindungan kesehatan dari setiap pekerja jelas semakin diperhatikan dengan diwajibkannya seluruh perusahaan mendaftarkan karyawannya pada BPJS Ketenagakerjaan. Dengan BPJS TK ini, maka jaminan akan keselamatan kerja dan kesehatan kaum pekerja bisa semakin terjaga. Mencatat nomor kartu BPJS agar tidak sampai lupa nomor BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga agar bisa semakin aman dalam menikmati layanan kesehatan dari BPJS.

Pentingnya Untuk Mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan memang menjadi sebuah hal yang perlu untuk Anda lakukan. Fungsi penting dari mengetahui nomor kartu BPJSTK ini adalah di saat Anda mengalami kehilangan kartu Peserta BPJS. Nah untuk mengetahui apa saja peran penting mengetahui nomor BPJSTK, maka berikut adalah jawabannya:

Advertisements
  • Pembuatan laporan kehilangan

Di saat kartu peserta BPJSTK yang dimiliki itu hilang, maka Anda wajib untuk membuat laporan kehilangan kartu pada kepolisian. Laporan kehilangan merupakan dokumen syarat dalam pembuatan kartu baru akibat hilang. Tentu Anda perlu untuk menuliskan nomor kartu BPJS ini saat membuat aduan kehilangan kartu pada pihak kepolisian.

  • Membantu proses pencairan dana

Saat kartu hilang dan Anda lupa nomor BPJS Ketenagakerjaan, maka proses pencairan dana saat berobat menjadi terkendala. Tentunya hal tersebut akan membuat Anda repot di saat klaim biaya pembayaran perawatan kesehatan tidak bisa dilakukan.

Advertisements

Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Banyaknya keluhan dari para pengguna BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kehilangan dan lupa nomor kartunya, maka kami akan berusaha membantu dengan menjelaskan bagaimana cara cek nomor kartu BPJSTK ini. Ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk mengetahui nomor BPJSTK yang dimiliki oleh para penggunanya, yaitu:

  • Bertanya langsung pada pihak perusahaan

Jika lupa nomor BPJS Ketenagakerjaan, maka cara termudah untuk menyelesaikannya adalah dengan bertanya pada pihak perusahaan. BPJTK ini dibuat oleh perusahaan jadi data utama jelas akan dimiliki perusahaan tersebut. Anda harus mencari bagian dari perusahaan tempat bernaung yang mengurus masalah BPJS untuk bisa mengetahui nomor kartu BPJS. Bagian perusahaan yang biasanya mengurusi BPJS adalah HRD.

Namun terkadang cara ini terkendala dengan sikap pihak HRD perusahaan yang kurang baik. Terkadang pihak bank memang menahan dan tidak mau memberikan keterangan lengkap tentang nomor kartu. Saat hal ini terjadi, maka Anda bisa beralih pada cara kedua.

  • Bertanya langsung pada pihak BPJS

Cara kedua untuk mengatasi masalah lupa nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan mendatangi langsung kantor BPJS. Kantor BPJS tentu akan bisa memberikan jawaban atas persoalan tidak mengetahui nomor kartu peserta BPJS. Namun Anda jangan lupa untuk membawa KTP dan KK. Saat perusahaan benar-benar mendaftarkan Anda, maka nomor kartu BPJS bisa untuk diketahui.

Advertisements