Kartu BPJS Ketenagakerjaan Hilang Cara Mengurusnya Mudah

Keberadaan kartu BPJSKT merupakan penanda bagi para karyawan yang telah terdaftar dan berhak untuk menikmati pelayanan gratis saat sakit. Kartu BPJS ini haruslah dijaga baik-baik agar tidak hilang. Namun, sebagai manusia biasa bisa mengalami kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang.

Saat mendapati kartu BPJS ketenagakerjaan ini hilang, maka mendapatkan jaminan gratis saat menjalani perawatan karena sakit sulit untuk dilakukan. Namun janganlah khawatir akan hilangnya kartu BPJSTK karena kami akan mengulas bagaimana jalan keluarnya di saat hilang.

Langkah Yang Perlu Dilakukan Saat Kartu BPJSTK Hilang

Advertisements

Kehilangan kartu BPJSTK janganlah sampai membuat Anda takut ataupun risau. Langkah pertama yang wajib untuk dilakukan saat kehilangan kartu BPJSTK adalah melaporkannya ke kantor BPJS paling dekat. Pelaporan tersebut tidaklah bisa dilakukan secara asal-asalan. Untuk bisa melakukannya, Anda perlu untuk mempersiapkan segala persyaratan yang diperlukan agar laporan kehilangan bisa ditanggapi. Inilah syarat yang diperlukan saat akan melakukan pelaporan kartu hilang:

  • Kartu tanda penduduk asli dan fotokopi.
  • Kartu keluarga asli dan fotokopi.
  • Kopian kartu BPJS lama jika memiliki. Jika tidak, maka Anda bisa menuliskan nomor kartu BPJS yang hilang.
  • Jika hilang, maka perlu membawa surat keterangan hilang dari pihak kepolisian.

Seluruh syarat tersebut sebaiknya Anda penuhi terlebih dahulu jika ingin melaporkan kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang pada kantor BPJS. Anda hanya akan membuang waktu karena bolak-balik mempersiapkan syarat ini jika sampai belum mengetahui dan melengkapinya.

Advertisements

Langkah Mengurus Kartu BPJS Ketenagakerjaan Hilang

Kumpulkan semua syarat yang sebelumnya telah dijabarkan menjadi satu. Setelah semuanya lengkap, bisa langsung mendatangi kantor BPJS. Temuilah petugas bagian pengaduan pada kantor BPJS untuk melaporkan kehilangan kartu yang menimpa Anda. Setelah itu, maka pihak petugas BPJS akan memproses pembuatan kartu baru dengan menyalin data dari kartu lama yang hilang secara sama persis.

Pencetakan kartu ini tidaklah bisa dilakukan secara langsung pada hari itu juga. Anda biasanya akan dijanjikan beberapa hari lagi untuk mengambil kartu cetakan baru sebagai ganti dari kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang. Waktu tunggu yang dijanjikan akan tergantung dari ramai tidaknya antrean yang terdapat pada kantor BPJS tersebut.

Jika kartu BPJS yang Anda miliki itu hilang di luar kota, maka pelaporan atas kehilangan dan pembuatan kartu BPJS baru tidaklah perlu dilakukan dengan kembali pada kota tempat pembuatan kartu awal. Anda tetap bisa melakukannya pada kota tempat Anda berada saat itu juga. Persyaratan akan sama seperti yang sebelumnya telah dijelaskan.

Itulah solusi tepat yang bisa Anda perbuat di saat kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang. Segeralah untuk membuat kartu baru jika karu yang dimiliki itu hilang mengingat masalah kesehatan tidaklah bisa terprediksi. Pastinya cukup merugikan jika layanan BPJS saat sakit tidak bisa didapat karena kehilangan kartu tersebut.

Advertisements