Contoh Kartu BPJS Baru

Artikel kali ini akan membahas mengenai contoh kartu BPJS baru yang perlu Anda ketahui agar selalu up to date dalam masalah kesehatan. BPJS merupakan lembaga BUMN yang terus mengalami perkembangan dan melakukan inovasi dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

BPJS kesehatan sebagai penangungjawab pembiayaan kesehatan masyarakat Indonesia tentunya memiliki beban berat jika tidak mendapat dukungan yang baik dari masyarakat sebagai peserta. Sebagai upaya pembaharuan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat maka diperkenalkanlah kartu BPJS yang baru. Beberapa dari Anda mungkin belum mengetahui bagaimana bentuk dan rupa kartu baru ini, maka simak artikel berikut ini untuk menambah pengetahuan Anda.

Perkembangan BPJS Hingga Saat Ini

Advertisements

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dalam bidang kesehatan mulai hadir pada tahun 2014. Badan ini hadir untuk mengganti program lama yaitu Askes atau Asuransi Kesehatan yang diharapkan mampu membawa semangat dan budaya gotong royong di tengah-tengah masyarakat.

Prinsip utama dalam penyelenggaraan upaya penjaminan ini diambil langsung dari budaya leluhur masyarakat Indonesia yang sangat kental dengan gotong royong. Di mana peserta yang tidak mampu dapat terbantu oleh iuran peserta lain yang kondisinya sehat. Iuran ini dibayarkan setiap bulan, dan jatuh tempo maksimal pada tanggal sepuluh.

BPJS selalu berusaha menghadirkan dan memberikan pelayanan terbaik bagi peserta untuk Indonesia yang lebih sehat seperti contoh kartu BPJS baru. Banyak tantangan yang harus dilewati seperti angka penyakit kronis yang semakin meningkat, padahal penyakit tersebut memerlukan biaya yang besar dalam perawatannya.

Advertisements

Belum lagi target pemerintah yang menginginkan seratus persen masyarakat Indonesia menjadi peserta asuransi kesehatan milik pemerintah ini. Tujuan tersebut sangat mulia karena pemerintah ingin mencapai keadilan sosial khususnya pada bidang kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Namun kondisi geografis menjadi salah satu kendala tercapainya target tersebut.

Inovasi Terbaru dari Kartu BPJS Kesehatan

Tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi membawa dampak positif bagi berbagai sektor kehidupan, termasuk BPJS Kesehatan. Kartu peserta misalnya, telah mengalami beberapa kali perubahan yang awalnya berupa kertas yang kemudian dilakukan laminating. Selanjutnya berkembang menjadi selayaknya kartu ATM yang dilengkapi dengan barcode. Saat ini telah hadir lagi kartu BPJS versi terbaru yang dianggap lebih baik kualitasnya, berikut ini ciri dari kartu yang baru.

  • Kartu BPJS Kesehatan terbaru dilengkapi dengan nomor ID atau dikenal dengan e-ID yang dikeluarkan secara resmi oleh badan penyelenggara asuransi tersebut. Keunggulan dari penggunaan nomor ID elektronik ini yaitu pencetakan kartu dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tinta yang digunakan pun lebih fleksibel baik hitam maupun berwarna sehingga lebih hemat dalam segi anggaran dana.
  • Bentuk dari contoh kartu BPJS baru seperti kartu member dari Swalayan maupun kartu ATM yang tahan air dan lebih awet.

Sekian informasi seputar contoh kartu BPJS baru semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Advertisements