Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak Via SMS, Sebelum Pencairan

Penting sekali bagi setiap pekerja untuk memiliki BPJS Ketenagakerjaan. Namun sudahkah para peserta BPJS Ketenagakerjaan melakukan pengecekan status terlebih dahulu setelah pindah perusahaan? Hal ini penting dilakukan karena saldo tidak akan bisa dicairkan apabila status masih aktif. Sayang sekali kalau kita tidak mencairkannya, bukan?

Pengecekan status BPJS TK sangan mudah. BPJS telah memberikan beberapa alternatif lain untuk mengecek saldo selain dengan mendatangi kantor secara langsung. Ada beberapa cara untuk melakukan pengecekan, di antaranya dengan menggunakan internet bahkan SMS. Namun di sini hanya akan melakukan pembahasan cara cek BPJS Ketenagakerjaan via SMS saja, karena bisa dilakukan oleh semua kalangan.

Pengecekan Status BPJS Ketenagakerjaan dengan SMS

Advertisements

Handphone merupakan alat yang sudah melekat pada kehidupan sehari-hari manusia. Selain untuk berkomunikasi, kita bisa menggunakannya untuk mengecek status BPJS KT. Sebelum dapat mengecek status BPJS TK via SMS, pastikan nomor handphone, KTP dan BPJS TK kita sudah terdaftar. Apabila belum terdaftar, berikut cara untuk mendaftarkannya;

  • Ketik DAFTAR<spasi>SALDO#Nomor KTP#NAMA PESERTA#TANGGAL LAHIR (DD-MM-YYYY)#Nomor BPJS/ JAMSOSTEK#Email(optional) lalu kirim ke 2757.

Untuk contohnya: DAFTAR SALDO#1401070707900002#MARYATIHANA#07-07-1990#11026365789001#hana_maryati@yahoo.co.id lalu kirim ke 2757

Advertisements

Penggunaan huruf harus kapital semua pada bagian nama. Data yang diinput harus benar dan sama persis dengan yang tertera di kartu KTP dan BPJS. Perlu diketahui juga kalau setiap SMS nya dihargai dengan pulsa Rp 165. Dan lagi, layanan ini terbatas karena hanya tersedia untuk pengguna provider Telkomsel, Indosat dan XL saja. Apabila sebelumnya sudah pernah mendaftar, maka tidak perlu daftar ulang lagi. Kita bisa langsung saja ke langkah selanjutnya Setelah pendaftaran nomor handphone dan BPJS telah sukses, barulah kita bisa mengakses statusnya via SMS. Caranya cukup mudah, yaitu;

  • Ketik STATUS<spasi>TK#Nomor BPJS/ JAMSOSTEK lalu kirim ke 2757.

Contoh: STATUS TK#11026365789001 lalu kirim ke 2757.

Setelah itu kita akan mendapatkan balasan hasil cek BPJS Ketenagakerjaan via SMS. Apabila sebelumnya sudah terdaftar lalu nomor handphone sudah tidak aktif dan ingin ganti nomor handphone yang baru, bisa dilakukan dengan cara:

Ketik DAFTAR<spasi>GANTI<spasi>HP#Nomor Hp lama#Nomor KTP lalu kirim ke 2757.

Contoh: DAFTAR GANTI HP#0857647796765#1401070707900002 lalu kirim ke 2757.

Cukup mudah untuk diikuti, selama kita menginput data dengan benar dan tepat sesuai data yang ada di KTP dan BPJS. Setelah mengetahui status BPJS Ketenagakerjaan, barulah kita sekiranya bisa melakukan tindakan. Apabila masih aktif, kita bisa menghubungi perusahaan lama kita terlebih dahulu untuk menonaktifkan statusnya. Barulah kita bisa mencairkan ketika statusnya sudah tidak aktif.

Demikian cara cek kepesertaan BJPS Ketenagakerjaan via SMS yang bisa disampaikan di artikel ini. Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih sudah atas kunjungannya, Selamat mencoba.

 

 

Advertisements