Cara Mendapatkan Kartu BPJS Kesehatan

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara mendapatkan kartu BPJS Kesehatan yang perlu Anda ketahui. BPJS kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi pada kesehatan yang disediakan oleh pemerintah sebagai pengganti Askes atau asuransi kesehatan. Pada masa pemerintahan saat ini, target masyarakat Indonesia yang menjadi peserta BPJS kesehatan mencapai seratus persen.

Generasi Milenial Menjadi Generasi yang Merencanakan Kesehatan

Asuransi kesehatan menjadi salah satu hal penting yang wajib dimiliki oleh masyarakat zaman sekarang. Apalagi dengan berbagai faktor risiko yang semakin banyak mengintai kesehatan masyarakat, baik itu dari segi makanan, lingkungan, dan segala aspek kehidupan lainnya. Generasi milenal yang ada saat ini menjadi salah satu elemen masyarakat yang rentan terinfeksi penyakit.

Advertisements

Saat ini banyak sekali jenis makanan yang minim kandungan gizi namun justru menyebabkan timbulnya penyakit. Asuransi menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh kaum milenial agar menjadi jaminan ketika terserang penyakit secara tiba-tiba. Asuransi kesehatan dengan cara mendapatkan kartu BPJS Kesehatan juga dapat menjadi salah satu rencana keuangan yang baik untuk menyiapkan pengeluaran dana yang tiba-tiba.

Cara Mudah Menjadi Peserta BPJS Kesehatan

Advertisements

Hal penting yang perlu Anda ketahui setelah melakukan pendaftaran menjadi peserta BPJS Kesehatan adalah Anda tidak akan mendapatkan kartu BPJS. Anda dapat melakukan pendaftaran menjadi peserta asuransi kesehatan ini melalui kantor cabang BPJS Kesehatan di daerah Anda. Namun saat ini juga pemerintah semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan pendaftaran di kantor desa melalui suatu program kegiatan khusus. Berikut ini beberapa cara yang harus Anda lakukan agar bisa mendapatkan kartu BPJS Kesehatan.

  • Pastikan Anda sudah terdaftar menjadi peserta BPJS kesehatan dengan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Bukti pendaftaran dapat dibuktikan dengan nomor virtual account yang mengandung kode khusus yang dapat Anda gunakan untuk membayar iuran asuransi Anda yang pertama. Simpan nomor virtual account tersebut dan jangan sampai hilang karena diperlukan saat Anda hendak melakukan pembayaran iuran yang pertama.
  • Anda dapat melakukan pembayaran iuran pada hari ke empat belas sampai hari ke tiga puluh setelah melakukan pendaftaran. Perhatikan baik-baik tanggal jatuh temponya jangan sampai kesempatan Anda hangus. Jika hal tersebut terjadi maka Anda harus melakukan prosedur daftar ulang untuk mendapatkan nomor virtual account yang baru.
  • Simpan bukti pembayaran pertama yang telah Anda bayarkan sebagai salah satu syarat cara mendapatkan kartu BPJS Kesehatan. Kartu BPJS Kesehatan milik Anda dapat Anda ambil di Kantor BPJS Kesehatan terdekat dari rumah Anda.

Setelah mendapatkan kartu BPJS Kesehatan, jangan lupa untuk melakukan kewajiban Anda sebagai peserta. Pastikan Anda tidak lupa untuk membayar iuran setiap bulan agar tidak dikenai denda dan membebani keuangan negara. Demikian cara mendapatkan kartu BPJS Kesehatan

Advertisements