Cara Mencetak Kartu BPJS Yang Sudah Terdaftar

Jaminan sosial dan kesehatan menjadi layanan penting yang dijamin oleh pemerintah dengan dibuatnya BPJS Kesehatan. Badan ini memang dibuat untuk tujuan menjaga terjaminnya kesehatan dinikmati oleh semua warga Indonesia. Jaminan ini berbentuk BPJS Kesehatan bagi warga biasa dan BPJS Ketenagakerjaan untuk kaum pekerja. Untuk selanjutnya adalah cara mencetak kartu BPJS bagi para peserta yang telah masuk terdaftar sebagai anggota.

Cara Cetak Kartu BPJS Bagi Yang Telah Terdaftar

Bagi kaum pekerja BPJS ketenagakerjaan biasanya akan diurus oleh pihak perusahaan. Dengan kata lain segala pendaftaran hingga pencetakan kartu akan sangat terbantukan dengan hadirnya pihak perusahaan yang mengaturnya. Pihak perusahaan memang mewajibkan seluruh karyawannya untuk memiliki BPJS. Para karyawan hanya perlu untuk menunjukkan KTP dan KK pada pihak perusahaan untuk melakukan pendaftaran anggota BPJS kesehatan.

Advertisements

Namun terkadang pihak perusahaan juga ada yang tidak menghendaki karyawannya untuk memiliki kartu BPJS. Jika Itu yang terjadi, maka karyawan itu sendiri harus mencetaknya sendiri dengan mendatangi kantor BPJS. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan cara mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan sendiri adalah:

Advertisements
  • Keaktifan status BPJS. Anda harus bisa memastikan jika pihak perusahaan mendaftarkan Anda pada BPJS Ketenagakerjaan. Jika sampai perusahaan menipu dan belum mendaftarkan, maka pencetakan tidak mungkin bisa dilakukan.
  • Surat rekomendasi perusahaan. Dengan surat rekomendasi ini tentunya Anda akan semakin mudah dalam proses mencetak kartu BPJS yang telah terdaftar.

Hal berbeda akan dialami oleh masyarakat biasa. Mereka akan bisa melakukan pencetakan kartu BPJS di saat telah melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran kini memang bisa dilakukan secara online ataupun offline sehingga pasti akan mudah untuk dilakukan. Pencetakan secara offline bisa dilakukan langsung setelah mendaftar. Anda akan diminta untuk menunggu dan datang kembali pada kantor BPJS tempat mendaftar untuk mengambil kartu BPJS yang telah tercetak.

Melakukan Pencetakan Kartu BPJS Online

Cara mencetak kartu BPJS secara online adalah pencetakan kartu E-ID BPJS Kesehatan. Kartu ini sama fungsinya dengan kartu BPJS Biasa. Saat Anda mendapatkan keperluan mendadak dan kartu BPJS hilang atau belum jadi akibat pergantian, maka kartu ini bisa untuk dipergunakan. Anda hanya perlu untuk membuat akun user pada situs resmi BPJS. Setelah itu sudah Anda bisa lakukan, maka langsung saja untuk melakukan percetakan kartu E-ID BPJS Kesehatan

  • Mengunjungi web situs resmi BPJS.
  • Setelah Anda masuk pada situs resmi BPJS ini, maka bisa langsung masuk atau log ini dengan ID yang dimiliki.
  • Saat berhasil masuk atau log in, maka pilihlah menu cari data. Menu ini berada di sebelah kiri bagian atas.
  • Anda akan mendapatkan formulir baru. Isilah data formulir yang didapat dengan benar dan sesuai.
  • Setelah semuanya terisi, maka tinggal pilih menu cetak dan cara mencetak kartu BPJS mandiri telah terselesaikan.
Advertisements