Cara Menambah Anggota Keluarga Di BPJS Secara Online

Pemerintah mengatur tentang pendaftaran dalam menjadi anggota BPJS kesehatan. Pemerintah mengatur bahwa seseorang wajib mendaftar dirinya sendiri dan keluarga yang ada di dalam kartu keluarga ke dalam program BPJS kesehatan.

Hal ini menyebabkan orang tidak bisa hanya mendaftar untuk diri mereka sendiri.  Kelas layanan yang dipilih juga tidak bisa berbeda-beda tiap anggota keluarga karena itu pilihlah kelas layanan yang sesuai dengan kemampuan.

Adanya kelahiran dan kematian menyebabkan pengurangan dan penambahan anggota keluarga di BPJS dapat terjadi. Misalnya kita memiliki anak yang baru lahir maka perlu ditambahkan agar terdaftar sebagai anggota BPJS.

Advertisements

Sebaliknya bila ada anggota keluarga yang meninggal maka harus mengurangi anggota yang terdaftar, sehingga kewajiban pembayaran tidak akan terus dibebankan. Terdaftarnya anggota keluarga yang benar akan memberikan kenyamanan bagi anggota BPJS.

Setiap anggota dapat menikmati pelayanan yang diberikan oleh BPJS dengan membayar kewajiban yang sesuai dan berikut cara untuk menambah anggota keluarga di BPJS.

Menambah Anggota BPJS

Memastikan layanan BPJS dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga akan sangat penting. Penambahan atau pengurangan anggota BPJS memang tidak bisa dengan cara online. Cara online hanya bisa digunakan untuk awal mendaftar keanggotaan BPJS.

Untuk dapat menambah anggota keluarga di BPJS memang harus langsung datang ke kantor BPJS terdekat yang ada di wilayah kita. Hal ini dilakukan agar dalam sistem BPJS tidak ditemukan data yang ganda. Ada beberapa prosedur yang digunakan dalam menambahkan anggota keluarga dalam BPJS.

Advertisements

Adapun cara menambahkan anggota keluarga dalam BPJS kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Untuk yang tergabung dalam BPJS mandiri maka harus membawa salinan kartu keluarga, salinan surat kelahiran, foto kopi kartu BPJS ibu dan bapak, salinan KTP ibu dan bapak serta foto ukuran 3×4. Bawalah dokumen langsung ke kantor BPJS dan isilah formulir yang akan diberikan untuk menambah anggota keluarga yang belum terdaftar pada BPJS.
  • Sedangkan untuk yang bekerja mempunyai mekanisme tersendiri untuk menambahkannya. Mereka dapat menambahkan anggotanya dengan menghubungi staf atau bagian dari perusahaan terkait yang menaungi tentang masalah BPJS. Dokumen yang disertakan pun hampir sama hanya akan menambahkan nomor rekening yang digunakan oleh pegawai.

Semua anggota yang ingin ditambahkan dalam keanggotaan BPJS haruslah kita tambahkan dulu pada kartu keluarga kita. Kita dapat membantu orang tua ataupun mertua kita dalam pelayanan kesehatan dengan mendaftarkan mereka ke dalam keanggotaan BPJS.

Mengetahui prosedur yang ada dalam cara menambahkan anggota BPJS akan memudahkan kita dalam mengurusnya. Jangan sampai kita harus bolak-balik mengantre dalam prosesnya karena tidak lengkapnya dokumen.

Kenyamanan mungkin akan dirasakan apabila bisa menambah anggota keluarga di BPJS secara online. Namun hal ini sekarang masih belum bisa dilakukan. Dengan perkembangan pelayanan BPJS yang terus meningkat, tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan terjadi pada masa yang akan datang.

Advertisements