Cara Membuat Kartu BPJS Kesehatan Secara Online

Banyaknya para pendaftar BPJS kesehatan membuat antrean yang sangat panjang di kantor BPJS. Program yang diwajibkan oleh pemerintah ini memang sangat membantu, namun jika pendaftar sangat banyak pastinya kantor BPJS akan sangat kewalahan.

Maka dari itu untuk mengantisipasi hal tersebut dengan diadakannya sistem online cara membuat kartu BPJS kesehatan menjadi alternatif. Pasalnya media online memang sangat membantu mengatasi masalah tingginya angka pendaftaran BPJS baik kelas bawah, menengah ataupun ke atas.

Bagaimana cara membuat kartu BPJS kesehatan secara online?

Advertisements

Jika ingin mendaftar BPJS kesehatan sekarang tidak perlu repot dan antre lagi. Adanya alternatif online pastinya lebih menyingkat waktu dan tenaga Anda. Bisa diakses melalui smartphone ataupun laptop (disarankan menggunakan laptop atau komputer). Jika Anda masih bingung mengenai cara membuat kartu BPJS kesehatan dengan sistem online ini, ada baiknya Anda membaca artikel berikut mengenai persyaratan dan tata caranya.

  • Menyiapkan persyaratan yang telah ditentukan

Cara yang pertama ialah Anda terlebih dahulu harus mempersiapkan persyaratannya. Syarat yang ada dalam pendaftaran online pun seperti syarat biasanya, hanya saja berbentuk scan seperti scan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Scan Kartu Keluarga (KK), Scan Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nomor telepon yang masih aktif (bisa dihubungi) dan juga e-mail yang aktif. Pastikan semuanya lengkap dan benar agar nantinya tidak terjadi kesalahan data juga terhindar dari membuat ulang kartu BPJS.

Advertisements
  • Membuka situs resmi BPJS

Cara yang selanjutnya ialah dengan membuka situs resmi BPJS kesehatan, maka Anda tinggal mengisi data yang telah Anda persiapkan di kolom yang telah tersedia. Anda harus mengecek apakah data sudah benar dan sesuai persyaratan, kemudian setelah formulir diisi secara lengkap, maka Anda akan diminta untuk memilih besarnya biaya yang sesuai dengan kelas perawatan yang Anda pilih, baik kelas satu, dua, ataupun kelas tiga.

  • Membayar dan mencetak kartu

Setelah semuanya lengkap dan terpenuhi, maka Anda membayar melalui bank (bisa BRI, BNI, atau Mandiri). Anda akan menerima e-mail nomor registrasi, dan melakukan pembayaran sesuai ketentuan. Setelah membayar maka Anda tinggal mencetak E-id dengan url yang dikirimkan melalui e-mail.

Kartu tersebut dicetak menggunakan tinta hitam dan fungsinya sama seperti kartu BPJS kesehatan. Setelah seminggu setelah mendaftar, maka ada bisa mengambil kartu BPJS ke kantor BPJS setempat, dan jangan lupa membawa data-data pribadi beserta tanda bukti pembayaran. Bukankah mudah  cara membuat kartu BPJS kesehatan menggunakan sistem online?

Demikian informasi mengenai pembuatan BPJS secara online. Jika Anda merupakan orang yang sibuk, akan lebih mudah menggunakan cara membuat kartu BPJS kesehatan online yang lebih mudah dan menyingkat waktu serta tenaga Anda. Semoga bermanfaat ya.

 

Advertisements