Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mudah, Cepat, Dan Benar

Selain BPJS Kesehatan yang dirancang untuk membantu masyarakat dalam urusan kesehatan, BPJS juga mengeluarkan BPJS Ketenagakerjaan untuk mereka yang ingin memiliki perlindungan ekonomi, terutama untuk jaminan di hari tua dan keperluan lain sebagainya.

Tentu saja ada banyak manfaat bagi mereka yang ikut BPJS Ketenagakerjaan, sehingga banyak yang mencoba mendaftar penjadi peserta. Untuk itulah BPJS pun sudah merancang sistem yang mudah supaya anggota yang terdaftar mendapatkan pelayanan maksimal. Salah satunya adalah cara klaim BPJS Ketenagakerjaan yang bahkan sekarang bisa dilakukan dengan online.

Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara offline dan online. Berikut ini adalah ketentuannya.

Advertisements

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan secara Offline

Apabila Anda tipe yang tidak begitu suka cara online, Anda bisa melakukan klaim BPJS Ketenagakerjaan secara offline, alias datang langsung ke tempat. Bagaimana caranya?

Pertama, datangilah langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Di lokasi, Anda akan diminta mengisi formulir pengajuan klaim. Isi formulir tersebut dengan benar, dan jangan lupa serahkan berkas pengajuan klaim. Setelah itu, Anda akan melakukan proses wawancara dan foto. Apabila semua ketentuan sesuai, Anda tinggal menunggu proses pencairan saat itu juga.

Hanya saja, jika Anda melakukan klaim offline, biasanya harus bersabar karena mengantre. Selain itu, beberapa BPJS Ketenagakerjaan lokal juga memiliki kebijakan sendiri yang disesuikan dengan kondisi kota. Apalagi, jika antrean terlalu panjang, Anda tidak bisa melakukan klaim saat itu juga dan harus datang kemudian hari. Hal tersebut tentu memakan banyak waktu.

Advertisements

Jika ingin cara yang lebih mudah, Anda pun bisa melakukan klaim secara online.

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan secara Online

Untuk melakukan klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online, Anda bisa langsung mengunjungi website resminya di: https://es.bpjsKetenagakerjaan.go.id/login/. Kemudian, isilah data yang ada antara lain mengisi nomer KTP, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomer KPJ, berikan alasan melakukan klaim, isi nomer ponsel Anda, isi alamat e-mail Anda. Jika sudah, PIN atau kode verifikasi akan dikirim melalui nomer hp atau e-mail. PIN tersebut bisa Anda masukkan untuk bisa melakukan klaim.

Namun, sebelum meneruskan ke proses selanjutnya, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen-dokumen penting yang sudah di-scan, seperti KTP, KK, Kartu BPJS, dan lain sebagainya. Apabila sudah selesai, silahkan tunggu sampai BPJS Ketenagakerjaan memberikan konfirmasi melalui e-mail. Apabila sudah ada konfirmasi, silahkan cetak dokumen konfirmasi tersebut. Pergilah ke kantor BPJS terdekat, serahkan dokumen tersebut dan saldo akan dikirim ke rekening Anda setidaknya dalam 10 hari kerja.

Lalu, bagaimana jika kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda hilang? Apakah bisa melakukan klaim? Tentu saja bisa, asalkan Anda melampirkan surat keterangan hilang dari kepolisian. Datanglah ke kantor BPJS terdekat, dan petugas di sana akan membantu Anda untuk menangani masalah tersebut.

Advertisements