Cara Daftar BPJS Untuk Ibu Hamil

Artikel kali ini akan membahas mengenai BPJS untuk ibu hamil. Kesehatan ibu dan anak merupakan salah satu indikator kesehatan di Indonesia. Namun faktanya angka kematian ibu, angka kematian bayi, maupun angka kematian bayi di Indonesia masih tergolong tinggi.

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor lingkungan, faktor pelayanan kesehatan, faktor genetik maupun faktor perilaku atau gaya hidup. Faktor lingkungan misalnya lingkungan budaya di sekitar tempat tinggal ibu hamil yang terdapat larangan dan pantangan terhadap jenis makanan tertentu. Padahal menurut segi medis makanan yang dipantang itu memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama masa pertumbuhan bayi di dalam rahim.

Faktor pelayanan kesehatan yang masih jauh dan mahal untuk dijangkau menjadi suatu permasalahan juga, oleh karena itu tidak sedikit warga desa yang memilih dukun bayi saat melahirkan. Serta faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan maupun setelah melahirkan.

Advertisements

Usia Kehamilan Sudah Semakin Tua, Segera Daftarkan Istri Anda Ke BPJS

Wanita yang sedang mengandung akan sangat terbantu jika menjadi peserta BPJS dan rutin membayar iuran per bulannya. Bagi Anda yang sedang mengandung dan diprediksi oleh dokter akan melahirkan dalam waktu dekat ini, maka kami sarankan untuk segera daftar menjadi peserta BPJS kesehatan.

Advertisements

BPJS untuk ibu hamil bisa dimanfaatkan untuk klaim biaya persalinan, baik itu persalinan normal maupun persalinan caesar. Tapi bagi Anda yang mengalami indikasi penyakit atau keadaan darurat lainnya yang dinyatakan oleh dokter baru boleh melakukan operasi caesar.

Jika Anda memilih operasi caesar karena alasan agar tidak sakit saja, kami jamin klaim biaya persalinan Anda ke BPJS akan ditolak. Proses pendaftaran BPJS untuk ibu hamil sebenarnya sama saja dengan peserta lainnya yaitu dapat dilakukan secara online maupun offline dengan datang langsung ke kantor cabang BPJS terdekat.

Persyaratan yang harus dipenuhi yaitu identitas diri, kartu keluarga serta pas foto. Bagi yang hendak melakukan pendaftaran secara online maka persyaratan ditambah dengan nomor rekening dari salah satu bank BNI, Mandiri atau pun BRI serta semua persyaratan di scan.

Layanan Untuk Ibu Hamil yang Akan Mendapat Klaim dari BPJS Kesehatan

Selama proses kehamilan perlu adanya perawatan lebih baik dari segi asupan makanan maupun pemeriksaan secara rutin. Hal ini sangat perlu dilakukan, mengingat ibu hamil mempunyai beban ganda terhadap bayi yang dikandung. Sehingga ketika hamil harus makan dua kali lebih banyak dari biasanya agar bayi dapat terlahir dengan sehat. Layanan BPJS untuk ibu hamil yaitu :

  • Antenatal Care
  • Biaya untuk Proses Persalinan
  • Pemeriksaan pada bayi yang baru dilahirkan
  • Pemeriksaan pada ibu yang baru melahirkan
  • Pelayanan dan Konsultasi KB
Advertisements