Cara Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan

Beberapa jenis fasilitas BPJS yang telah dibangun dan disediakan oleh pemerintah adalah BPJS Mandiri, BPJS Ketenagakerjaan hingga BPJS Jaminan Hari Tua (JHT). Dengan adanya asuransi untuk para karyawan ataupun pekerja ini maka mereka dapat memeriksakan kesehatan di rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan tempat Anda sedang bekerja. Selain itu untuk Jaminan Hari Tua akan berupa tabungan.

Tabungan tersebut akan dicairkan dengan syarat dan ketentuan dari pihak BPJS. Para pekerja atau karyawan yang telah mendaftar di BPJS Ketenagakerjaan akan membayar iuran yang ditanggung perusahaan. Apabila Anda ingin cek saldo dan cek tagihan BPJS Ketenagakerjaan bisa dengan cara online melalui android Anda.

Mengecek tagihan atau saldo BPJS khusus ketenagakerjaan

Advertisements

Bagi Anda yang belum pernah melakukan cek saldo atau cek tagihan BPJS Ketenagakerjaan berikut adalah cara-cara untuk mengeceknya:

  1. Pengecekan melalui SMS
  • Ketik REG#NoBPJS#Tanggal lahir#Nama Ibu Kandung lalu kirim ke 2757 dan nanti akan mendapatkan balasan “Terima kasih telah mendaftar dan nomor ID Anda 8888xxxx.
  • Mengecek saldo atau tagihan BPJS Ketenagakerjaan Anda dengan cara ketik saldo#ID_ dan dikirim ke 2757. Untuk layanan SMS hanya dapat digunakan untuk operator Telkomsel, Indosat, dan XL. Pengecekan lewat SMS ini banyak dilakukan, karena mudah dan tidak memerlukan waktu yang banyak.
  1. Pengecekan dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan

Anda dapat meminta langsung print out slip saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Advertisements
  1. Melalui ATM

Pengecekan dengan ATM pun dapat dilakukan, tetapi tidak semua  ATM dapat melakukannya. Hanya bank yang bekerja sama dengan BPJS saja.

  1. Cara cek secara online
  • Masuk ke situs resmi BPJS Ketenagakerjaan, dan siapkan kartu BPJS atau nomor KPJ.
  • User ID dan password untuk login.
  • Kemudian mengisi data secara lengkap, lalu klik daftar atau submit data.
  • Setelah selesai, akan ada balasan ke email konfirmasi atau balasan SMS untuk aktivasi akun. Jika telah menerimanya maka masukkan kode aktivasi di alamat yang sudah tersedia lalu klik ‘kirim’
  • Kemudian cek inbox pada email Anda, apabila telah aktif, Anda dapat melakukan pengecekan saldo maupun tagihan.
  1. Melalui aplikasi BPJSTK Mobile

Bagi pengguna android dapat mendownload aplikasi BPJSTK Mobile dalam pengecekan saldo atau tagihan BPJS Ketenagakerjaan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Download aplikasi tersebut di Play Store.
  • Kemudian install
  • Lakukan setting aplikasi sesuai akun BPJS Anda.
  • Selanjutnya email yang Anda daftarkan dimasukkan dan pin akun BPJS.

Cara-cara cek saldo atau cek tagihan BPJS Ketenagakerjaan yang telah dijelaskan di atas semoga dapat dimengerti, dan memudahkan Anda untuk melakukan pengecekan dengan cara yang mudah selain itu tidak memerlukan waktu yang banyak agar waktu Anda tidak terbuang sia-sia.

Advertisements