Cara Cek Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sangat bermanfaat untuk setiap tenaga kerja yang ada di tanah air, karena dapat melindungi hak-hak kesehatan dan sosial pekerja. Ditambah dengan mudahnya registrasi BPJS yang mudah sangat membantu kita dalam pembuatannya.

Semakin berkembangnya jaman, sistem yang disajikan BPJS online semakin bervariasi, salah satunya yaitu untuk cek kepesertaan BJPS Ketenagakerjaan. Kegiatan bisa dilakukan oleh kita sendiri tanpa harus ke kantor BPJS terlebih dahulu.

Mengecek Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dengan Online

Advertisements

Kita tidak perlu meluangkan waktu untuk pergi keluar ke kantor BPJS hanya untuk mengecek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang kita miliki. Dengan menggunakan website atau aplikasi pada android pun kita bisa mengeceknya sendiri tanpa bantuan petugas. Berikut beberapa caranya:

  1. Bukalah situs bpjsketenagakerjaan.go.id dari komputer maupun smartphone kita, atau kita juga bisa menggunakan aplikasi BPJSTKU di smartphone android, unduhlah terlebih dahulu.
  2. Lakukanlah registrasi menggunakan email aktif kita. Lalu buka email untuk mengecek aktivasi sistem dari pihak BPJS.
  3. Sebelum kita dapat menggunakan sistem ini, aktivasikan terlebih dahulu melalui email dari BPJS tadi
  4. Setelah selesai aktivasi, maka kita sudah diperbolehkan untuk mengisi form data peserta BPJS sesuai dengan kartu KTP dan BPJS Ketenagakerjaan. Masukkan dengan lengkap dan benar.
  5. Apabila sistem selalu memberitahukan bahwa data tidak valid, maka itu artinya BJPS Ketenagakerjaan kita sudah tidak aktif, atau pastikan lagi datanya benar-benar sama dengan yang tertera di KTP dan BPJS kita. Jika tetap tidak valid, berarti memang sudah tidak aktif.

Mengecek kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dengan SMS

Advertisements

BPJS memberikan layanan via SMS ke nomor 2757 dengan tujuan mempermudah peserta dalam pengecekan mandiri dengan tarif Rp 165 per SMS. Layanan ini baru tersedia untuk beberapa provider saja seperti Telkomsel, Indosat dan XL.

Sebelum kita dapat melakukan cek kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, kita terlebih dahulu dihimbau untuk melakukan registrasi nomor telepon kita dan nomor BPJS kita. Apabila kita sudah pernah registrasi via SMS sebelumnya maka bisa skip langkah ini dan langsung saja ikuti langkah pengecekan status. Registrasi ini memerlukan kartu KTP, BPJS Ketenagakerjaan/ Jamsostek, dan tentu saja pulsa, berikut cara registrasi via SMS:

  • DAFTAR(spasi)SALDO#NOMOR KTP#NAMA PESERTA#TANGGAL LAHIR (DD-MM-YYYY)#NO BPJS/ JAMSOSTEK
  • Lalu kirim ke 2757.

Setelah registrasi selesai, kita baru bisa mengecek status kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan kita dengan cara ketik:

  • STATUS(spasi)TK#NOMOR BPJS TK
  • Kirim ke 2757.

Mudah sekali buka untuk cek kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan ini. Pengecekan ini bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun secara praktis. Bisa via online melalui website resmi atau aplikasinya, bahkan juga via SMS. Kemudahan ini dilakukan demi para peserta BPJS.

Advertisements