Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak Aktif

Tidak sulit untuk seorang peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mengecek status keaktifan akun BPJS Ketenagakerjaannya. BPJS telah mengupgrade fasilitas-fasilitasnya demi kebutuhan pesertanya. Hal ini juga dikarenakan untuk mengikuti perkembangan jaman yang semakin modern terutama perkembangan teknologi. Segala hal menjadi lebih mudah dan praktis dengan menggunakan teknologi.

Dengan kemajuan teknologi informasi, kebanyakan masyarakat mengandalkan smartphone dan jaringan internet untuk membantu kegiatan sehari-hari, terutama dalam mengecek status BPJS yang dimiliki. Beberapa cara untuk cek BPJS Ketenagakerjaan bisa diakses dengan mudah dengan menggunakan smartphone bahkan handphone biasa, yaitu melalui internet, SMS dan beberapa cara lainnya. Berikut adalah cara pengecekan status BPJS dari yang konvensional hingga dengan menggunakan handphone:

Mengunjungi Kantor BPJS

Advertisements

Dengan mengunjungi ke kantor BPJS terdekat kita bisa dibantu secara langsung oleh petugas dengan cepat dan akurat.

Via Internet

Internet sudah bukan barang asing lagi di jaman sekarang ini. Kita bisa mengaksesnya dengan membayar dengan kuota, atau menggunakan WIFI. Untuk mengecek status BPJS Ketenagakerjaan kita juga bisa diakses lewat internet, jadi kita tidak perlu untuk pergi ke kantor BPJS. Kita hanya perlu pergi ke situs resmi BPJS atau bahkan dengan mengunduh aplikasinya di Play Store dengan nama BPJSKU. Langsung saja kita cek BPJS Ketenagakerjaan via internet:

Advertisements
  • Pergilah ke situs resmi BPJS (bpjsketenagakerjaan.go.id) menggunakan gadget. Bisa juga diakses menggunakan aplikasi BPJSTKU di smartphone android, unduhlah terlebih dahulu. Pastikan untuk terkoneksi internetnya ya.
  • Apabila belum mempunyai akunnya, lakukan registrasi terlebih dahulu, lalu buka email untuk mengaktivasi akun BPJS online tersebut. Selesaikan langkahnya sesuai petunjuk yang ada.
  • Berikutnya kita sudah dipersilahkan untuk mengisi kolom data peserta BPJS. Pastikan data yang kita input harus benar-benar sesuai dengan kartu KTP dan BPJS Ketenagakerjaan.
  • Jika sistem memberitahukan bahwa data tidak valid, maka ada dua arti. Yang pertama BJPS Ketenagakerjaan kita sudah tidak aktif, atau yang kedua data yang diinput berbeda dengan KTP dan BPJS Ketenagakerjaan, jadi pastikan lagi datanya benar-benar sama lalu coba lagi. Jika tetap tidak valid, berarti memang sudah tidak aktif.

Via SMS

Hanya dengan bermodalkan pulsa, peserta dapat mengecek status BPJS Ketenagakerjaannya. Sayangnya, hanya provider tertentu saja yang baru bisa mengaksesnya, yaitu Telkomsel, Indosat dan XL. Setiap SMS akan ditarik pulsa sebesar Rp 165 saja, dan caranya sangat mudah;

  • Apabila nomor hp belum terdaftar, daftarkan dulu dengan cara ketik DAFTAR(spasi)SALDO#NOMOR KTP#NAMA PESERTA#TANGGAL LAHIR (DD-MM-YYYY)#NO BPJS/ JAMSOSTEK Lalu kirim ke 2757.
  • Setelah registrasi selesai, kita baru bisa mengecek status kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan kita dengan cara ketik STATUS(spasi)TK#NOMOR BPJS TK Kirim ke 2757.

Call Center

Telepon ke nomor call center BPJS 1500910 dengan tarif nasional. Petugas akan membantu dengan cepat.

Demikian cara cek BPJS Ketenagakerjaan yang bisa dilakukan. Prosesnya mudah dan cepat. Terima kasih sudah membaca.

Advertisements