Call Center BPJS Kesehatan Gratis Dan Manfaatnya Untuk Anda

BPJS Kesehatan merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, terutama untuk kalangan menengah ke bawah yang kerap merasa terbeban biaya rumah sakit.

Sebagai badan yang mengurusi masalah pelayanan kesehatan, tentu saja BPJS Kesehatan dilengkapi dengan call center yang siap untuk menangani keluhan masyarakat. Layanan untuk mengungkap keluhan ini juga tentunya tidak berbayar, dan akan selalu menanggapi masalah Anda selama 24 jam. Bisa dibilang, call center BPJS Kesehatan gratis untuk semua yang membutuhkan informasi saat itu juga.

Lalu, ke mana Anda harus menghubungi layanan call center BPJS Kesehatan ini?

Advertisements

Untuk layanan akses call center, Anda dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di 1500400. Anda yang sedang mengalami kesulitan tentang BPJS Kesehatan dan ingin menanyakan detail dan lain-lain, bisa langsung menghubungi nomor tersebut di mana pun dan kapan pun.

Tidak hanya menangani keluhan, call center tersebut juga dapat digunakan sebagai sarana pendaftaran peserta mandiri BPJS Kesehatan. Artinya, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor cabang di kota Anda dan mengantre untuk mendapatkan kartu BPJS.

Akan tetapi, bagaimana Anda mengambil kartu BPJS yang sudah jadi? Tenang saja, layanan call center tersebut sangat komplit, karena kartu Anda bisa dikirim langsung ke alamat rumah tanpa Anda perlu panas-panas keluar di saat hari-hari sibuk. Hal tersebut diungkapkan sendiri oleh Asisten Deputi Bidang Pengendalian Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan, yakni Upik Handayani.

Advertisements

Oleh sebab itu, jika ingin mendaftar melalui call center BPJS Kesehatan, sebaiknya siapkan beberapa hal terlebih dahulu. Antara lain yaitu Kartu Keluarga(KK), Nomor Induk Kependudukan(NIK), nomor rekening tabungan(bisa BRI/BNI/Mandiri, nomor handphone yang bisa dihubungi, e-mail, alamat lengkap untuk mengirim kartu BPJS ke rumah Anda.

Setelah persiapan tersebut, silakan untuk mendaftar pada call center BPJS Kesehatan, dan akan ditangani langsung oleh agent call center. Dalam proses pendaftaran tersebut, pastikan Anda tidak menutup telephon sebelum semuanya selesai.

Sebab, nanti akan ada Virtual Account yang dikirim ke nomor telephon maupun e-mail Anda. VA(Virtual Account) tersebut bisa digunakan untuk membayar iuran pertama, paling cepat adalah 14 hari dari VA diterbitkan, dan paling lambat adalah 30 hari.

Iuran pertama tersebut harus dibayarkan supaya Anda mendapat kartu JKN-KIS. Oleh sebab itu, silahkan bayar pada bank yang sudah Anda setujui untuk proses transaksi, baru setelah itu kartu akan dikirim ke rumah Anda. Bagaimana? Cara tersebut cukup mudah, bukan?

Bisa dibilang, call center BPJS Kesehatan ini memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain sebagai tempat penyedia informasi lengkap, dan juga pelayanan untuk pendaftaran tanpa perlu banyak memakan waktu. Oleh sebab itu, supaya Anda memiliki informasi yang benar seputar BPJS Kesehatan, jangan sungkan untuk bertanya secara kritis dan lengkap.

Advertisements