BPJSTK Mobile, Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Setiap pembayaran gaji, sebuah perusahaan akan memotong beberapa persen gaji seorang pekerja demi kepentingan pekerja itu sendiri, salah satunya yaitu untuk iuran BPJS Ketenagakerjaan. Untuk membantu dalam pengecekan saldo, BPJS sendiri telah melakukan beberapa inovasi guna mempermudah peserta agar dapat mengecek dengan mudah, cepat dan praktis. Beberapa di antaranya adalah melalui call center, SMS, website dan aplikasi BPJSTK Mobile.

Namun, dalam artikel ini kami hanya akan membahas tentang cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via BPJSTK. Hanya dengan menggunakan paket atau WIFI pengguna internet sekarang ini semakin banyak. Kebanyakan orang memilih smartphone untuk mengaksesnya dalam kegiatan sehari-hari karena memang mudah dibawa dan digunakan.

Maka dari itu BPJS membuat sebuah layanan baru berbasis online yang hanya bisa diakses melalui smartphone saja, terutama android. Layanan ini disebut dengan BPJSTKU yang senantiasa mengalami pembaruan agar fitur-fitur yang diberikan semakin baik untuk masyarakat.

Advertisements

Sampai sekarang, aplikasi ini sudah terbukti sangat berguna bagi masyarakat dengan melihat jumlah pengunduhan yang sudah mencapai 1 jutaan. Selain itu penggunaan BPJSTK Mobile ini juga sangat mudah diakses dengan tampilan yang sederhananya.

Cara Cek Saldo BPJS TK via BPJSTKU

Layanan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via BPJSTK ini membutuhkan smartphone android dan jaringan internet untuk mengunduh aplikasi dan mengaksesnya. Berikut adalah langkah dari awal mengunduh sampai dengan kita dapat mengaksesnya;

Advertisements
  1. Pertama kali yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi BPJSTK di Play Store. Tunggulah proses unduhan hingga selesai
  2. Apabila belum mempunyai akun online BPJS, maka lakukan registrasi terlebih dahulu dengan cara mengisikan data yang diperlukan sesuai dengan KTP dan BPJS TK yang dimiliki. Ikuti petunjuk hingga selesai, lalu lakukan verifikasi yang telah dikirimkan melalui email
  3. Setelah berhasil registrasi, lakukan log in dengan memasukkan username dan password yang telah dibuat saat registrasi
  4. Pilihlah submenu ‘Lihat Kartu & Saldo JHT’ di menu Home
  5. Kemudian saldo akan tertera di layar handphone.

Apabila kita sudah sekali saja log in di smartphone, kita tidak perlu log in lagi untuk mengaksesnya, kecuali kalau memang sudah dilog out. Lagi pula, kita hanya perlu koneksi internet yang bisa didapatkan menggunakan paket data internet dan juga WIFI. Sangat murah bukan?

BPJS telah menyediakan sistem yang sedemikian mudah dan praktis agar dapat diakses oleh setiap pesertanya. Jadi jangan lupa gunakan aplikasinya untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda via BPJSTK.  Kita tidak perlu pergi dan mengantre kantor BPJS lagi hanya untuk mengecek saldo kita. Sekiranya cukup saja artikel cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via BPJSTK kali ini. Demikian informasi yang dapat kami bagikan semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

 

Advertisements