Berikut Tarif Iuran BPJS Kesehatan Mandiri

Kesehatan adalah hal utama yang harus diperhatikan oleh semua orang, jika seorang tidak teliti memperhatikan kesehatan maka akan sering mengalami sakit. Jika sudah sakit maka akan merepotkan diri sendiri dan juga orang lain. Kegiatan sehari-hari yang bisa dilakukan jadi terganggu dan tidak bisa berjalan lancar seperti yang diharapkan.

Maka dari itu kita harus pintar dalam menjaga kesehatan kita tetapi sekarang kita akan merasa terbantu dengan program yang dibuat oleh pemerintahan, dan program itu adalah BPJS kesehatan. Dengan program BPJS kesehatan kita akan dibantu dalam melakukan pengecekan kesehatan juga dalam membayar biaya rawat inap jika memang kita sakit parah dan harus dirawat di rumah sakit. Kemudian untuk bisa menikmati program ini kita harus membayar tarif iuran BPJS setiap bulannya.

Daftar Kelas Dan Biaya Yang Harus Dibayarkan

Advertisements

Program BPJS memang sangat membantu masyarakat yang kurang mampu karena memang masyarakat yang kurang mampu akan mengabaikan kesehatan mereka. Dengan program ini masyarakat akan diringankan dalam membayar biaya pengecekan kesehatan ataupun biaya untuk membayar rumah sakit jika mereka harus dirawat.

Dalam BPJS kesehatan ada 3 kelas yang dapat kita pilih, dan setiap kelas akan memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Perbedaan fasilitas ini dikarenakan tarif iuran BPJS yang harus dibayarkan juga berbeda-beda. Semakin mahal biaya per bulannya maka akan semakin bagus juga fasilitas yang didapatkan dan berikut adalah penjelasan biaya yang harus dibayarkan menurut kelas dalam BPJS kesehatan.

Advertisements
  • Kelas 1

Untuk biaya yang harus dikeluarkan per bulannya jika ingin merasakan fasilitas di kelas 1 adalah 80 ribu per bulannya untuk setiap orang. Memang biaya ini tergolong mahal untuk sebagian orang, tetapi ini sebanding dengan fasilitas yang akan didapatkan. Biasanya fasilitas yang akan didapatkan adalah TV, AC dan juga kulkas.

  • Kelas 2

Untuk kelas yang satu ini bisa dipilih oleh semua kalangan masyarakat karena biaya yang dikeluarkan per bulannya tergolong murah tetapi dengan fasilitas kamar yang dapat membuat pasien dan juga pengunjung merasa nyaman. Biaya yang harus dibayarkan adalah 50 per bulannya untuk setiap orang yang ikut dalam program ini.

  • Kelas 3

Kelas ini biasanya dipilih oleh masyarakat yang kurang mampu untuk membayar biaya per bulannya, biaya yang harus dibayarkan adalah 25 ribu. Biasanya untuk 1 kamar kelas 3 akan diisi oleh banyak orang dan jelas ini tidak akan membuat nyaman apalagi jika untuk pasien yang menderita penyakit parah.

Untuk menghindari kita terkena penyakit yang berbahaya maka dari itu kita harus bisa menjaga kesehatan kita semua, memang pemerintah sudah menyediakan program BPJS kesehatan yang dapat kita nikmati jika kita membayar tarif iuran BPJS setiap bulannya.

Cukup sekian informasi yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi saudara.

Advertisements