Berikut Syarat Membuat BPJS Untuk Anak

BPJS merupakan sebuah badan usaha yang didirikan oleh pemerintah guna mengurus penyelenggaraan layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Untuk para pekerja memang harus tergabung menjadi peserta BPJS seperti yang telah diatur dalam Perpres Nomor 12 dan Perpres nomor 111 tahun 2013. Untuk masyarakat biasa yang belum tergabung dapat mendaftarkan secara pribadi melalui kantor BPJS kesehatan yang telah tersebar di setiap daerah.

Semua orang dapat mendaftarkan diri mereka ataupun anggota keluarganya pada BPJS dengan cara yang mudah. Syarat membuat BPJS juga tergolong gampang. Selain dengan langsung ke kantor BPJS, orang dapat mendaftar menjadi anggota BPJS dengan sistem online. Kalau dengan sistem online orang dapat mendaftar melalui situs BPJS yang telah disediakan.

Pentingnya Anak Mendaftar BPJS

Advertisements

Bagi orang tua yang mempunyai anak, mendaftarkan anaknya ke dalam layanan BPJS akan lebih menghemat biaya. Bila anak sakit maka tinggal datang ke dokter yang tergabung dalam jaringan BPJS untuk mendapatkan layanan kesehatannya. Biaya yang dikeluarkan pastinya akan ditanggung oleh BPJS. Keunggulan inilah yang membuat orang akan mendaftarkan setiap anggota keluarganya dalam layanan BPJS Kesehatan.

Untuk menjadi anggota BPJS kesehatan orang harus mendaftar dengan syarat-syarat tertentu. Untuk memperlancar proses pendaftaran maka harus mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam pendaftaran BPJS. Berikut beberapa dokumen yang harus dilengkapi sebagai syarat membuat BPJS untuk anak.

Advertisements
  • Surat atau akta kelahiran

Kalau belum mengurus akta kelahiran, kita juga dapat melampirkan surat keterangan lahir dari bidan yang mengurus proses kelahiran. Surat kelahiran akan langsung didapatkan dari bidan atau rumah sakit setelah proses kelahiran anak.

  • Kartu keluarga

Siapkan kartu keluarga yang terbaru, yaitu si anak harus termuat dalam kartu keluarga tersebut. Bila belum ada, sebaiknya mengurus dulu untuk membuatnya.

  • Surat nikah

Pastikan surat nikah yang dilampirkan itu merupakan milik orang tua anak tersebut. Jangan menggunakan surat nikah orang lain.

  • Foto ukuran 3×4 anak

Bila anak masih bayi, maka akan susah untuk difoto. Tidak menggunakan foto juga tidak apa-apa, tetapi kartu BPJS yang nanti akan didapatkan setelah selesai mengurus tidak akan menampilkan foto anak tersebut.

Kita hanya perlu satu lembar untuk setiap dokumen yang dilampirkan dan surat yang dilampirkan merupakan foto kopi dari surat asli, mudah bukan?

Kesehatan anak merupakan hal yang wajib kita jaga. Untuk sekarang mungkin kita masih mampu menanggung biaya kesehatan bila anak kita sakit. Namun, kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi dengan hidup kita pada masa mendatang. Jangan sampai anak kita tidak dapat pengobatan yang layak karena keterbatasan biaya.

Pentingnya  mempunyai BPJS untuk anak adalah kita akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Pelayanan yang diperoleh bahkan akan gratis didapatkan bila belum melebihi batas-batas syarat layanan yang telah ditetapkan BPJS kesehatan. Demikian informasi tentang syarat membuat BPJS untuk anak.

Advertisements