Berikut Cara Cek Saldo Jamsostek Via SMS 2018

Mengingat hak seorang karyawan yaitu memiliki jaminan ekonomi dan sosial dari tempat bekerja yang dibayarkan secara rutin tiap bulannya, Anda juga berhak untuk mengetahui jumlah saldo Jamsostek yang Anda miliki. Kini Badan Penyelenggara Jaminan Sosial menyediakan banyak cara dengan cara offline maupun online untuk setiap peserta Jamsostek yang ingin mengecek saldonya. Cara tersebut antara lain dengan mengunjungi kantor BPJS terdekat, menghubungi call center, menggunakan website, aplikasi smartphone bahkan SMS.

Kali ini, kami akan membahas informasi yang cukup penting yaitu tentang cara cek saldo Jamsostek Via SMS 2017. Namun sebelumnya tahukah Anda jika layanan ini tidak sepenuhnya gratis? Ya, layanan ini berbayar dan dapat diakses dengan tarif pulsa Rp 165. Walau tidak gratis, tapi tetap murah bukan? Jadi tetap sediakan pulsa Anda saat melakukan pelayanan ini.

Di sisi lain, BPJS menawarkan layanan SMS ini karena terbilang praktis dan mudah. Hanya dengan mengetikkan format tertentu dengan benar maka sistem BPJS akan segera membalas SMS Anda. Namun, layanan ini akan dapat digunakan apabila Anda telah melakukan registrasi terlebih dahulu. Cara registrasi akan dijelaskan selanjutnya. Sebelum itu, perlu diketahui bahwa layanan SMS BPJS baru berlaku untuk provider Indosat, Telkomsel dan XL saja.

Advertisements

Registrasi Nomor Handphone dan Nomor Jamsostek

Beberapa hal yang diperlukan untuk registrasi layanan SMS BPJS yaitu hanya dengan menggunakan data dari kartu KTP dan kartu Jamsostek yang Anda miliki. Caranya sangat mudah, ikuti saja langkah berikut ini;

Advertisements

Ketikan SMS dengan format berikut ini :

DAFTAR<spasi>SALDO#Nomor_KTP#NAMA_PESERTA#Tanggal_Lahir(DD-MM-YYYY)#Nomor_Jamsostek lalu kirimkan ke nomor 2757.

Pastikan Anda telah memasukkan data yang benar dan sesuai dengan data KTP maupun Jamsostek. Setelah beberapa saat Anda akan menerima balasan dari 2757. Jika gagal, coba untuk cek ulang data yang Anda masukkan, lalu benarkan datanya dan kirimkan ulang ke 2757. Jika berhasil, lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Selanjutnya dalam cara cek saldo Jamsostek Via SMS 2017 ini setelah registrasi berhasil, lalu langkah selanjutnya menjadi lebih mudah. Anda hanya membutuhkan nomor Jamsostek Anda dengan format sebagai berikut ;

STATUS<spasi>TK#Nomor_Jamsostek lalu kirimkan ke 2757.

Tunggulah beberapa saat untuk menerima balasan dari nomor 2757 yang akan memberikan informasi seputar status Jamsostek Anda, termasuk isi saldo.  Sama sekali tidak sulit kan? Anda tidak perlu untuk mengantre di kantor BPJS hanya untuk mengecek saldo Anda. Hanya dengan mengikuti format layanan SMS yang tersedia saja lalu kirimkan ke 2757, maka Anda bisa melakukan pengecekan saldo Jamsostek dengan praktis dan tarif yang murah juga.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan tentang cara cek saldo Jamsostek Via SMS 2017 kali ini. Semoga bermanfaat bagi Anda dan orang sekitar Anda. Atas kunjungannya saya ucapkan terima kasih.

 

Advertisements