Berapa Sih Tarif Iuran BPJS Kesehatan Perorangan

Kesehatan memang menjadi hal yang harus sangat kita perhatikan, jika kita tidak menjaga kesehatan nantinya kita akan sakit. Jika kita sampai sakit yang namanya mau melakukan kegiatan pasti akan terhambat dan tidak berjalan lancar. Untuk membantu masyarakat dalam hal kesehatan sekarang ada program BPJS kesehatan bagi masyarakat yang memang merasa keberatan dengan biaya rumah sakit yang memang mahal.

BPJS memang bisa di nikmati oleh semua orang jika memang orang tersebut rutin membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya. Setiap iuran per bulannya dibedakan berdasarkan kelas yang kita pilih sewaktu mendaftar pertama kali di kantor BPJS. Memang program ini sangat membantu masyarakat karena meringankan biaya sewaktu melakukan pemeriksaan di rumah sakit atau di puskesmas.

Tarif Iuran BPJS Per bulan

Advertisements

Setiap program pemerintahan pasti akan membantu masyarakatnya, dan ini berlaku juga untuk program BPJS kesehatan. Program ini mulai dijalankan pada tahun 2014, dulu memang program yang membantu masyarakat dalam hal kesehatan adalah ASKES tetapi itu hanya berlaku untuk pegawai negeri saja.

BPJS kesehatan ini dibuat untuk semua kalangan masyarakat dengan membayar iuran BPJS Kesehatan per bulannya maka masyarakat sudah dapat menikmati program pemerintahan yang satu ini. Untuk mengetahui berapa saja biaya yang harus dibayarkan per bulannya, berikut adalah perinciannya.

Advertisements
  • Iuran kelas 1

Jika kita memilih untuk menjadi peserta kelas 1 maka kita harus membayar iuran per bulannya adalah 80 ribu. Iuran ini telah disesuaikan dengan peraturan Presiden Nomor 10 yang dikeluarkan pada tahun 2016. Peserta kelas 1 akan mendapatkan fasilitas kamar kelas 1 di rumah sakit yang telah dipilih dan juga akan ditanggung semua biayanya oleh BPJS kesehatan.

  • Iuran kelas 2

Berbeda dengan kelas 1, iuran peserta kelas 2 memang lebih murah dibandingkan dengan iuran kelas1 dan biaya yang harus dibayarkan per bulannya adalah 51 ribu untuk satu orang. Peserta tidak diperbolehkan untuk menunggak pembayaran, jika memang melakukan hal tersebut maka fasilitas BPJS tidak akan bisa dipakai sebelum peserta membayar tunggakan itu.

  • Iuran kelas 3

Kelas 3 adalah kelas yang paling kurang lengkap fasilitas di kamarnya makanya biaya yang harus dibayarkan per bulannya tergolong murah. Untuk biaya yang harus dibayarkan adalah 25 per bulannya dan memang kelas ini biasanya dipilih oleh masyarakat yang kurang mampu. Untuk peserta kelas 3 bisa mengajukan naik kelas jika memang merasa fasilitas di kelas 3 kurang memadai, tetapi peserta harus membayarkan selisih biaya antara kelas 3 dengan kelas yang akan dipilih nanti.

Dan itulah rincian mengenai iuran BPJS Kesehatan per bulannya dan pilihlah kelas sesuai dengan kemampuan kita supaya nantinya tidak akan mengalami penunggakan setiap bulannya. Karena apabila ada penunggakan maka kartu BPJS anda akan di kenakan sanksi blokir.

 

 

Advertisements