Bagaimana Cara Daftar BPJS Online Tanpa NPWP

Dahulu jaminan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah hanya diperuntukkan kepada para pegawai, baik swasta maupun pegawai negeri. Namun, sekarang jaminan kesehatan dapat dinikmati oleh semua masyarakat Indonesia. Masyarakat dapat mendaftar pada layanan BPJS kesehatan untuk mendapatkannya.

Dukungan dari pemerintah sangat mendorong berkembangnya layanan ini sehingga mampu memberikan layanan hampir ke semua daerah, itu terbukti dengan banyaknya dokter dan rumah sakit yang telah memberikan layanan BPJS.

BPJS merupakan kependekan dari Badan Penyedia Jaminan Sosial. Bisa diartikan bahwa BPJS merupakan badan yang dibuat oleh pemerintah untuk menyediakan jaminan sosial dan kesehatan bagi semua masyarakat. Mengetahui bagaimana cara daftar BPJS online tanpa NPWP akan memudahkan masyarakat yang ingin tergabung dalam layanannya.

Advertisements

Mendaftar tanpa NPWP apakah bisa?

Berbagai syarat diperlukan setiap orang untuk mendaftar BPJS kesehatan. Dengan terdaftar dalam BPJS kesehatan, maka orang dapat menikmati layanan kesehatan dari pemerintah. Salah satu syarat yang diperlukan adalah kepemilikan NPWP.

NPWP merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh orang yang ingin mendaftar BPJS kesehatan.  Orang yang bekerja dan memiliki gaji setiap bulan di dalam suatu perusahaan pasti akan memiliki NPWP sebagai dasar pembayaran pajak perseorangan.

Namun bagi orang dengan penghasilan rendah, tidak mempunyai NPWP merupakan hal yang wajar.  Karena BPJS diperuntukkan bagi semua masyarakat Indonesia maka bagi masyarakat yang tidak mempunyai NPWP pun masih dapat mendaftar  BPJS kesehatan.

Advertisements

Berikut cara daftar BPJS online tanpa NPWP.

  • Masuk ke dalam situs http://bpjs-kesehatan.go.id.
  • Pilihlah kolom mendaftar.
  • Isilah formulir yang tersedia. Isilah semua kolom yang tersedia. Kosongkan pada kolom NPWP.
  • Lakukan verifikasi. Verifikasi yang dilakukan menggunakan email, jadi pastikan mempunyai email yang benar.
  • Cetaklah formulir yang telah diisi tersebut.
  • Lakukan pembayaran awal pada loket yang terkait dengan BPJS, bisa melalui bank ataupun kantor pos.
  • Mencetak kartu BPJS. Untuk mencetak kartu BPJS kita harus datang ke kantor BPJS dengan menyertakan bukti pembayaran setoran pertama.

Dari cara yang telah diterangkan seperti di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa tanpa NPWP pun kita dapat tetap mendaftar BPJS kesehatan. Mendaftar BPJS dengan atau tanpa NPWP akan tetap mendapatkan pelayanan yang sama, BPJS tidak akan membedakan hal tersebut. Pelayanan yang didapat pastinya hanya akan berbeda tergantung dari kelas layanan yang dipilih pada saat mendaftar.

Mengerti bisa tidaknya untuk mendaftar BPJS online tanpa NPWP akan memudahkan orang dalam mendaftar layanan BPJS. Orang yang tidak tahu akan merasa enggan untuk mendaftar karena tidak memiliki NPWP.

Kemudahan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan bagi setiap masyarakat merupakan kewajiban bagi pemerintah. Dengan adanya BPJS yang telah dibuat oleh pemerintah, sebaiknya masyarakat dapat mengerti dalam mendaftar sehingga layanan kesehatan yang baik akan dapat dinikmati seluruh masyarakat.

Advertisements