Bagaimana Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan

Peserta BPJS kesehatan dibagi menjadi 2 kategori, kategori yang pertama adalah peserta yang menerima bantuan iuran. Biasanya masyarakat kurang mampu yang akan mendapatkan bantuan program ini. Pemerintahan desa akan mendata warganya yang tidak mampu dan kemudian data ini akan dilaporkan ke pemerintah untuk selanjutnya warga ini akan mendapat bantuan iuran BPJS Kesehatan per bulannya.

Kategori yang berikutnya adalah masyarakat yang memang secara sukarela mendaftar menjadi peserta BPJS kesehatan. Masyarakat ini akan membayarkan iuran per bulannya, iuran ini dibedakan berdasarkan kelas yang mereka pilih.

Semakin tinggi kelasnya maka akan semakin mahal biaya yang harus dibayarkan per bulannya. Untuk memilih kelas yang sesuai dengan kemampuan kita sangatlah diharuskan. Ini untuk menghindari kita menunggak pembayaran per bulannya.

Advertisements

Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan

Ketika kita menjadi peserta BPJS kesehatan memang kita harus membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya sesuai dengan kelas yang sudah kita pilih sewaktu kita mendaftar menjadi peserta BPJS kesehatan. Setiap kelas yang ada di BPJS kesehatan dibedakan berdasarkan fasilitas yang nantinya akan digunakan oleh pasien sewaktu sedang melakukan pengecekan kesehatan ataupun dirawat di rumah sakit.

Biaya yang harus dibayarkan juga berbeda-beda tergantung fasilitas yang akan didapatkan. Untuk melihat atau mengetahui biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya, berikut adalah cara pengecekannya.

Advertisements
  • Pengecekan melalui situs resmi BPJS Kesehatan

BPJS kesehatan memiliki sebuah situs resmi yang akan membantu masyarakat Indonesia untuk mengetahui informasi mengenai program terbaru atau peraturan terbaru dari BPJS kesehatan. Di situs ini pula kita dapat mengecek iuran BPJS yang harus kita bayarkan per bulannya.

Langkah pertama untuk melakukan pengecekan adalah kita klik menu cek pembayaran iuran, setelah itu kita akan diminta untuk mengisi kolom nomor kartu dan tanggal lahir kita. Setelah itu kita harus mengetikan angka validasi yang tertera, kemudian klik cek dan informasi mengenai biaya iuran yang harus dibayarkan akan keluar.

  • Pengecekan melalui SMS gateway

Mungkin untuk sebagian orang belum mengetahui cara menggunakan layanan internet dan pemerintah membantu orang-orang tersebut dengan layanan SMS gateway untuk melakukan pengecekan biaya iuran BPJS dan juga untuk mendapatkan informasi mengenai program terbaru dari BPJS kesehatan.

Untuk mengetahui berapa biaya yang harus dibayarkan melalui SMS gateway, kita harus mengirimkan SMS dengan format Tagihan nomor kartu BPJS dan kemudian kirim ke nomor 087775500400. Nomor ini adalah nomor dari layanan SMS BPJS yang disediakan oleh pemerintah.

Dan itulah cara melakukan pengecekan iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya. Kita harus rajin melakukan pengecekan untuk menghindari telat atau penunggakan dalam melakukan pembayaran karena jika telat kita tidak akan menggunakan BPJS kesehatan jika kita sedang sakit.

Advertisements