Apa Saja Keuntungan Daftar BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan merupakan program yang diadakan pemerintah yang memberikan perlindungan terhadap semua tenaga kerja yang bertujuan mengatasi risiko sosial ekonomi dengan mekanisme asuransi sosial. Fasilitas yang telah disediakan BPJS tidak hanya untuk jaminan kecelakaan kerja dan uang pensiunan, fasilitas yang tak kalah menguntungkannya adalah :

  • Dapat uang peminjaman uang muka untuk perumahan, dengan suku bunga yang rendah.
  • Dapat peminjaman biaya renovasi rumah, tentu saja dengan bunga yang rendah.

Keuntungan yang didapatkan apabila kita sudah daftar BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya memiliki 1 keuntungan saja, tapi beberapa program dari BPJS Kesehatan sangat banyak sekali keuntungannya dan bermanfaat untuk semua para pegawai kerja.

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Advertisements

Manfaat yang dapat kita ambil setelah daftar BPJS Ketenagakerjaan adalah tidak hanya untuk sendiri, tetapi dapat berdampak baik untuk keluarga. Berikut adalah program BPJS yang mempunyai keuntungan yang banyak :

  1. Manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja

Manfaatnya yaitu akan membantu para tenaga kerja yang sewaktu-waktu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan saat kerja, ataupun meninggal.

  1. Manfaat program Jaminan Kematian

Apabila tenaga kerja meninggal dunia maka pihak ahli waris akan menerima santunan yang diberikan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.

  1. Manfaat Jaminan Hari Tua

Manfaatnya adalah dengan adanya keamanan dan kepastian terhadap risiko sosial ekonomi.

  1. Program Jaminan Pensiun

Untuk menyejahterakan pensiunan yang sudah tidak lagi memiliki pekerjaan.

Advertisements

Apabila Anda ingin langsung daftar BPJS Ketenagakerjaan segeralah membuatnya agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Untuk mendaftarnya bisa secara online, dengan cara sebagai berikut ini:

  • Website NPJS Ketenagakerjaan dibuka
  • Pada sudut kanan bawah, akan ada tulisan “Mau jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan” kemudian klik pada tulisan yang dibaca DAFTAR.
  • Setelah itu Anda isi data-data sesuai arahan dan petunjuk yang ada di website tersebut.

Proses Pencairan

Setelah kita daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk proses pengajuan untuk pencairan dana Jaminan Hari Tua ini sangat mudah sekali dan juga cepat. Dengan syarat Anda sudah melengkapi dokumen yaitu :

  • Kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang asli
  • Fotokopi SIM/KTP
  • Surat keterangan berhenti kerja
  • Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi

Semakin banyak masyarakat yang mengetahui keuntungan BPJS ketenagakerjaan akan semakin besar masyarakat yang membuat dan mendaftarkan untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, dan dana yang telah terkumpul diharapkan dapat meminimalisir risiko sosial dan ekonomi di hari tua Anda.

BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya untuk tenaga kerja dalam hubungan kerja, melainkan tenaga kerja yang memiliki usaha sendiri ataupun bekerja freelance pun dapat segera mendapatkan keuntungan setelah mendaftar di BPJS. Perbedaannya hanya dalam hal metode pendaftaran, tetapi tidak akan menyulitkan Anda jika akan mulai proses pendaftaran berlangsung.

Berikut informasi yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi saudara.

Advertisements